androidvodic.com

Korlantas Polri Bentuk Tim Urai Kemacetan Mudik, Terjunkan 500 Motor ke Polda Banten hingga Jatim - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Korlantas Polri menyerahkan 500 kendaraan roda dua kepada Polda Banten hingga Polda Jawa Timur dalam upaya menopang tim urai kemacetan saat bertugas dalam angkutan arus mudik Lebaran 2024. 

Adapun tim pengurai kemacetan ini dibentuk guna mengantisipasi kepadatan jalanan saat musim mudik Lebaran. Sebagaimana diketahui ada 193,6 juta jiwa diprediksi akan melakukan perjalanan mudik pada masa mudik tahun ini. 

"Kita akan bentuk tim pengurai kemacetan, akan kita distribusikan 500 kendaraan roda dua untuk mendukung sub satgas urai macet sehingga bisa memaksimalkan, memperlancar, menjamin keselamatan masyarakat pada saat mudik," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan, di Lapangan Djayusman, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Aan menerangkan strategi untuk melayani masyarakat diperlukan mengingat jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik. 

Di sisi lain, pada evaluasi pengamanan mudik tahun lalu, ditemukan banyak titik masalah yang mengakibatkan kemacetan atau pelambatan utamanya karena kendaraan pemudik berhenti di bahu jalan. 

"Melihat anev tahun lalu banyak sekali trouble spot yang mengakibatkan kemacetan maupun perlambatan terutama untuk para pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau mendapat gangguan," jelas Aan. 

Adapun nantinya tim pengurai kemacetan ini akan bertugas menyelesaikan permasalahan mulai dari Banten hingga Jawa Timur yang dibagi di setiap Polda jajaran.  

"Tim ini akan menyelesaikan permasalahan itu nanti di setiap Polda mulai dari Banten sampai dengan Jawa Timur kita bentuk tim urai macet ini," katanya.

Ia berharap, dengan dibentuknya tim urai kemacetan dapat membantu memperlancar arus lalu lintas atau pengendara yang mendapati gangguan pada saat arus mudik-balik.

Baca juga: Korlantas Polri Gandeng Pengelola Jalan Tol Siapkan Pompa Air, Antisipasi Banjir Saat Mudik Lebaran

"Nanti cara bertindaknya melakukan patroli sesuai dengan jam rawannya, kemudian apabila dari Command Center ada laporan gangguan, titik macet, tim ini yang akan turun untuk mengurai kemacetan," tutup dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat