androidvodic.com

Menko PMK: Tol Gratis Hanya untuk yang Fungsional, Tarif Tol Komersial Kemungkinan Ada Diskon - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyebut akan ada potongan atau diskon untuk tarif tol saat mudik Lebaran 2024.

Muhadjir menyebut tarif tol akan digratiskan nantinya direncanakan akan diberlakukan di tol-tol fungsional.

Baca juga: Damri Siapkan 250 Armada untuk Program Mudik Gratis BUMN 2024

"Mengenai tol gratis untuk yang tol fungsional, untuk yang komersial kemungkinan akan ada diskon seperti tahun lalu," kata Muhadjir usai menghadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Muhadjir menuturkan, hal ini masih perlu dibahas lebih lanjut lagi dengan para operator pengelola jalan tol dan Jasa Marga.

"Mungkin dalam waktu dekat akan kita umumkan," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan adanya diskon tarif pada sejumlah ruas tol pada periode mudik lebaran Idul Fitri 2024.

Baca juga: Menteri Ketenagakerjaan Minta Jadwal Cuti Bersama Perusahaan Disesuaikan dengan Jadwal Mudik Pekerja

Menurutnya penerapan diskon tarif tol perlu dilakukan, mengingat cukup banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Penerapan diskon tarif tol rencananya dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu, tepatnya bukan di periode puncak arus mudik.

Sehingga, hal ini dapat mengurangi trafik lalulintas.

"InsyaAllah ada. Karena kalo diskon itu juga utk mengatur trafik. Tanggal-tanggalnya diskon itu mengatur trafik," ucap Menteri Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Meski demikian, dirinya masih belum memberikan keterangan secara detail kapan dan dimana diskon tarif tol akan diterapkan.

Menteri Basuki juga mengungkapkan, pihaknya berencana menambah tempat istirahat sementara atau Rest Area di sejumlah titik. Namun, jumlahnya tidak terlalu banyak.

Baca juga: 18 Posko Lebaran Hino Beroperasi 24 Jam Selama Arus Mudik Lebaran 2024, Ini Sebaran Lokasinya

"Tambahan belum begitu banyak. Di Banten di kilometer berapa itu, dengan di Cipali. Tapi itu hanya sementara rest areanya," bebernya.

Dalam hal ini, pemerintah sudah memprediksi jika akan ada 193,6 juta orang yang akan mudik pada Lebaran 2024.

Angka ini meningkat sekira kurang lebih 50 persen dibandingkan dengan masa mudik Lebaran tahun 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat