androidvodic.com

Profil Hamdan Zoelva, Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN yang Pilih Tak Beracara di MK Bela Anies-Imin - News

News, JAKARTA - Berikut profil Hamdan Zoelva yang memilih tidak beracara di Mahkamah Konstitusi (MK) membela pasangan 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam gugatan sengketa Pilpres 2024.

Padahal dalam tim pemenangan Anies-Muhaimin, Hamdan Zoelva duduk sebagai Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN.

Hamdan Zoelva yang pernah menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) memilih berada di belakang tim hukum nasional (THN) AMIN dengan memberikan masukan dan saran.

Ia mempercayakan sepenuhnya proses beracara di MK kepada THN AMIN.

“Beliau sebenarnya memiliki izin praktik beracara sebagai lawyer (pengacara), tetapi memilih tidak mendampingi AMIN di sidang MK, karena menghormati etik."

“Apalagi beliau merupakan mantan ketua MK, karena menjunjung tinggi etik, maka beliau memilih tidak ikut menjadi tim pengacara AMIN,” kata Ketua Tim Hukum Nasional AMIN Ari Yusuf Amir kepada wartawan, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Tim Hukum AMIN Jelaskan Alasan Hamdan Zoelva Tak Pernah Muncul di Sidang Sengketa Pilpres 2024 MK

Ari menambahkan keputusan Hamdan Zoelva untuk tak terlibat langsung sebagai tim pengacara AMIN, juga menunjukkan betapa solidnya kekuatan THN AMIN serta komprehensifnya usaha pengumpulan bukti dan saksi yang akan diajukan di persidangan.

“Dengan mempercayakan penuh kepada THN, Pak Hamdan mengirim pesan kepada semua bahwa THN AMIN amat solid dan percaya diri dalam mengungkap berbagai kecurangan di Pilpres 2024,” ujarnya.

Baca juga: Hamdan Zoelva Pastikan Anies-Muhaimin akan Batalkan RUU DKJ Jika Menang di Pilpres 2024

Lebih lanjut, Ari berharap agar persidangan berjalan lancar dan mampu membuka berbagai tabir kecurangan Pilpres 2024 ke publik, melalui bukti-bukti konkrit yang menyakinkan majelis hakim.

“Semoga persidangannya berjalan lancar, hakimnya adil dan bukti-bukti yang disajikan valid sehingga akan mampu membuka mata masyarakat terkait kondisi sebenarnya pelaksanaan Pilpres 2024,” ujar dia.

Lalu siapa sebenarnya Hamdan Zoelva?

Profil Hamdan Zolva

Hamdan Zoelva merupakan pria kelahiran Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, 21 Juni 1962.

Hamdan Zoelva lahir dari pasangan TG KH Muhammad Hasan BA yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlisin di Bima, dan Hj Siti Zaenab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat