androidvodic.com

VIDEO Mudik Lebaran, CEO Indonesia AirAsia: Pilot Kami Periksa Sampai Kondisi Psikologis - News

News, JAKARTA - CEO Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga menjamin pilotnya dalam kondisi prima melayani pemudik selama periode Angkutan Lebaran 2024 yang akan berlangsung mulai 3 - 18 April 2024 mendatang.

Serangkain prosedur yang ketat berkaitan dengan peralatan dan kru pesawat, utamanya pilot dilakukan sebelum hingga setelah penerbangan.

"Kami punya satu tim di Indonesia AirAsia yang merupakan kombinasi dari Flight Operation dan quality dan safety. Itu yang kami sebut tim human factor," ujar Veranita saat sesi wawancara eksklusif dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra di Studio Tribunnews, Palmerah, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Ia pun merinci cara kerja tim khusus ini untuk memastikan kondisi kesehatan fisik hingga mental pilot.

"Dipantau pilot-pilot kami, kesehatan, tekanan darahnya sebelum terbang."

"Kondisi fisik dan mentalnya juga, psikis." 

"Dan juga berkaitan dengan kemampuan mereka dalam menerbangkan armada."

"Jadi ada serangkaian simulasi tes dan proses-proses yang harus dijalani sebelum mereka terbang ," jelasnya.  

Veranita juga memproyeksikan bakal melayani 11 ribu penumpang selama periode Angkutan Lebaran (Angleb) 2024 yang berlangsung mulai 3 sampai 18 April mendatang.

"Kurang lebih itu akan 11 ribu orang, memang kami masih memiliki saat ini keterbatasan armada dan ini yang secara total," kata Veranita.

Menurut Veranita, 11 ribu penumpang merupakan angka yang cukup kecil jika dibandingkan dengan proyeksi pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang memprediksi bahwa akan ada 193,6 juta orang akan melakukan mudik.

Sedangkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan juga memprediksi setidaknya akan ada 4,4 juta orang yang akan mudik menggunakan transportasi udara yaitu pesawat.

"Tapi kami percaya, kami memiliki kontribusi yang besar di rute-rute yang kami layani untuk memfasilitasi penumpang, untuk bisa nyaman dan juga tepat waktu untuk berkumpul bersama keluarga," tutur Veranita.

Selain itu Veranita menyatakan, untuk menunjang kenyamanan 11 ribu masyarakat dalam penerbangan, Indonesia AirAsia mengerahkan 26 armada pesawat selama periode Lebaran 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat