androidvodic.com

5 Komandan Sesko TNI dalam 5 Tahun Terakhir, Seluruhnya Perwira AU melalui Jabatan Aspers Panglima - News

News, JAKARTA - Dalam lima tahun terakhir, terdapat lima kali pergantian Komandan Sesko TNI.

Menariknya seluruhnya berasal dari matra udara dan sebelumnya mereka menjabat Asisten Personel atau Aspers Panglima TNI.

Sebagai informasi, Komandan Sesko atau Dansesko TNI memimpin lembaga pendidikan tertinggi TNI, di mana para siswanya adalah perwira berpangkat kolonel yang disiapkan menjadi jenderal, laksamana, atau marsekal.

Lembaga yang berlokasi di Jl. R.A.A. Martanegara No.11, Bandung, Jawa Barat itu dipimpin perwira tinggi bintang 3, entah itu Letnan Jenderal (Letjen), Laksamana Madya (Laksdya) atau Marsekal Madya (Marsdya), bergantung dari matra mana perwira itu berasal.

Sejak berganti nama yang tadinya Sesko ABRI menjadi Sesko TNI tahun 1998, sudah ada 25 perwira yang pernah memimpin lembaga ini.

Asal tahu saja, ketika Sesko TNI masih menjadi Sesko ABRI, Prabowo Subianto pernah menjadi komandan di sini, jabatan terakhirnya setelah dimutasi dari posisi Pangkostrad.

Berikut ini adalah lima Dansesko TNI terakhir yang semuanya dari matra udara dan sebelumnya sama-sama bertugas sebagai Aspers Panglima TNI

1. Marsdya TNI (Purn) Dedy Permadi

Marsekal Madya TNI (Purn) Dedy Permadi menjabat Dansesko TNI pada tahun 2019.

Alumni AKABRI Udara 1985 ini sebelumnya adalah Aspers Panglima TNI. Dedy menjadi Dansesko TNI menggantikan Marsdya Trisno yang ketika itu memasuki masa pensiun.

Dalam riwayatnya, Dedy Permadi pernah menjabat sejumlah jabatan militer strategis.

Mulai Komandan Lanud ATS Bogor, Gubernur AAU, Asisten Pengamanan (Intelijen) KSAU, hingga Aspers Panglima TNI.

Jabatan ini diemban Dedy Permadi hingga yang bersangkutan memasuki masa pensiun tahun 2021.

2. Marsekal Madya TNI (Purn) Diyah Yudanardi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat