androidvodic.com

Puncak Arus Mudik Lewat, Pelabuhan Merak Lengang Pada H-1 Lebaran 2024 - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, BANTEN - Puncak arus mudik lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, telah dilewati.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, mengatakan bahwa pada H-2 dan H-1 pada hari ini situasi di Pelabuhan Merak sudah lengang.

Pantauan Tribunnews di lokasi pun tak menemukan adanya antrean panjang seperti pada puncak arus mudik yang terjadi 6-7 April 2024.

Baca juga: Cegah Kelelahan saat Perjalanan, Siapkan 5 Hal Ini Agar Mudik Nyaman!

"Mulai dari kemarin, pelabuhan dalam keadaan lengang, operasinya sangat sepi dibandingkan 2-3 hari sebelumnya," kata Ira, kepada awak media di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Selasa (9/4/2024).

Ira pun mengatakan pihaknya bersyukur bisa menghadapi gejolak arus mudik yang menjadi paling tinggi di sepanjang ASDP beroperasi.

Setidaknya sejak H-7 sampai H-2, tercatat 286.334 orang telah meninggalkan Pulau Jawa via Pelabuhan Merak atau Ciwandan. 

Jumlah tersebut naik 4 persen dibandingkan realisasi periode yang sama pada tahun lalu sebanyak 274.541 orang.

"Jadi hari puncaknya itu Sabtu malam Minggu, yaitu yang tertinggi adalah jumlah kendaraannya sebesar 42 ribu lebih, dibandingkan tahun lalu yang sekitar 39 ribu," ujar Ira Puspadewi.

"Dengan demikian, ini adalah all time highest atau selama ASDP berdiri, satu hari yang menyeberangkan tertinggi adalah di musim angkutan lebaran tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Mudik Pakai Motor Wajib Cek Tips Ini, Kaliper Panas Jangan Disiram Air


Jumlah Pemudik Jawa ke Sumatera

Berdasarkan data Posko Merak, termasuk di dalamnya Lintasan Merak - Bakauheni, Ciwandan - Bakauheni, dan Ciwandan - Panjang selama 24 jam (periode 8 April 2024 hingga pukul 23.59 WIB) atau H-2, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 46 unit kapal. 

Realisasi total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 156.424 orang atau turun 7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 167.520 orang. 

Tercatat realisasi kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 15.213 unit atau turun 20 persen dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 18.944 unit.

Baca juga: Mudik Lebaran Ala Mbok Yem, Penasaran? 4 Jam Ditandu dari Gunung Lawu Via Cemorosewu, Bawa Bekal 

Kendaraan roda empat mencapai 17.859 unit atau turun 6 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 23 unit. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat