androidvodic.com

Cegah Kelelahan saat Perjalanan, Siapkan 5 Hal Ini Agar Mudik Nyaman! - News

News - Hari Raya Idul Fitri makin dekat! Di Indonesia, momen ini turut dimeriahkan dengan tradisi yang beragam. Salah satunya adalah tradisi mudik Lebaran atau pulang ke kampung halaman. 

Bisa dibilang, mudik merupakan salah satu tradisi kearifan khas Indonesia yang akan terus dilakukan. Menariknya, dari tahun ke tahun jumlah masyarakat yang melakukan mudik terus bertambah. 

Menurut hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pergerakan masyarakat saat mudik Lebaran tahun 2024 ini diprediksi mencapai 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. 

Makin meningkatnya minat masyarakat akan mudik Lebaran tidak menutup kemungkinan bahwa perjalanan akan terasa lebih panjang dan timbul kemacetan di jalan. 

Maka dari itu, penting untuk melakukan persiapan yang matang agar perjalanan Anda dan keluarga tidak menemui hambatan. Salah satu yang paling tidak boleh dilewatkan adalah  menjaga kesehatan untuk mencegah kelelahan dan risiko penyakit yang beragam.

Terlebih bagi Anda yang sudah memasuki usia 30 tahun, berbagai risiko kesehatan kian meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Salah satunya adalah risiko osteoporosis, yang berkaitan erat dengan kesehatan tulang. 

Tips cegah kelelahan dan jaga kesehatan tulang agar mudik nyaman

Mengapa risiko osteoporosis meningkat seiring dengan bertambahnya usia? Melansir situs resmi Kemenkes, hal ini disebabkan oleh berkurangnya massa tulang, yang juga berdampak pada menurunnya kekuatan tulang, meningkatnya kerapuhan tulang, dan risiko terjadinya patah tulang. 

Mengingat perjalanan mudik pada umumnya memakan waktu yang cukup panjang, Anda harus lebih memerhatikan kesehatan tulang menjelang hari raya tahun ini. Terlebih lagi jika Anda mudik dengan menyetir kendaraan pribadi.

Agar terhindar dari kelelahan dan perjalanan mudik tetap terasa nyaman, mari lakukan 5 tips di bawah ini:

1. Atur pola makan dengan menu yang kaya gizi dan kalsium 

Anda perlu mengonsumsi menu makanan yang kaya akan gizi dan tinggi kalsium, baik sebelum, saat, dan setelah perjalanan.

Selain gizi lengkap agar daya tahan tubuh terjaga, makanan tinggi kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. 

Melansir KlikDokter, kalsium juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, kerja jantung, pergerakan otot dan saraf dalam tubuh, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

Beberapa asupan kaya kalsium yang bisa dikonsumsi untuk sahur atau berbuka puasa di antaranya adalah ikan salmon, ikan sarden, kacang almond, edamame, jeruk, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi, lobak hijau, kubis, dan kangkung, tahu,  serta susu. 

Baca juga: Mengenal Manfaat Ekstrak Buah Zaitun, Buah Surga yang Dukung Kesehatan Tubuh Saat Puasa

2. Biasakan beraktivitas fisik

Anda juga perlu untuk membiasakan diri beraktivitas fisik sebelum memulai perjalanan. Dengan beraktivitas fisik secara rutin, tubuh Anda pun akan semakin terlatih sehingga terhindar dari keluhan nyeri dan pegal saat melakukan perjalanan mudik.  

Jika Anda sedang menjalankan ibadah puasa, bisa memilih aktivitas fisik yang ringan seperti seperti berjalan kaki selama 30-45 menit sebelum waktu berbuka, yoga, atau beres-beres rumah. 

Di tengah perjalanan nanti, upayakan juga untuk tetap melakukan peregangan otot-otot tubuh agar badan tidak terasa kaku.

3. Istirahat yang cukup

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur dengan kuantitas sekitar 6-8 jam pada malam hari. 

Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh pun akan terasa lebih bugar selama perjalanan. 

Catatan bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, sebaiknya ambil waktu untuk berhenti dan beristirahat di rest area yang sudah disediakan jika mulai merasa lelah dan pegal. 

4. Banyak konsumsi air putih

Selama menjalankan ibadah puasa, tentunya tubuh akan kekurangan asupan cairan di dalam tubuh. 

Kekurangan air putih atau dehidrasi bisa menyebabkan tubuh akan semakin terasa lemas dan lesu. Tentunya hal itu membuat perjalanan mudik menjadi tidak nyaman. 

Agar terhindar dari dehidrasi selama perjalanan, konsumsilah air putih dalam jumlah 8 gelas sehari saat sahur dan berbuka puasa. Selain membantu menghilangkan rasa haus, air putih juga membantu mengatasi rasa pegal-pegal dan kelelahan otot selama mudik

5. Konsumsi asupan dengan ekstrak buah zaitun

Buah zaitun dikenal sebagai buah yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, terutama bagi orang dewasa dan lanjut usia. Salah satu manfaat dari buah zaitun adalah menjaga kesehatan tulang dan jantung.  

Mengutip KlikDokter, mengonsumsi asupan nutrisi yang mengandung ekstrak buah zaitun mampu memperkuat sendi dan membentuk tulang yang sehat. 

Sebab, kandungan oleocanthal dalam minyak zaitun terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, di mana senyawa ini memiliki cara kerja yang mirip dengan obat anti-inflamasi non steroid seperti ibuprofen yang kerap digunakan untuk obat peradangan dan nyeri. 

Itulah mengapa asupan yang mengandung ekstrak buah zaitun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan lansia. 

Tanpa perlu repot, kebaikan dari ekstrak buah zaitun ini bisa didapatkan dalam bentuk segelas susu Entrasol Gold

Diperkaya dengan Vitamin D, susu tinggi kalsium ini bermanfaat untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan massa otot, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu memperlambat proses penuaan dini, serta dapat mencegah terjadinya oksidasi low density lipoprotein (LDL) kolesterol sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. 

Ekstrak buah zaitun dalam Entrasol Gold mengandung antioksidan alami berupa hydroxytyrosol, yang mampu menangkal radikal bebas dengan daya tangkal lebih kuat empat kali lipat dibandingkan dengan Vitamin C. 

Dengan berbagai manfaatnya, susu ini dapat diandalkan sebagai asupan harian menjelang perjalanan. Mari konsumsi 2 gelas susu Entrasol Gold setiap harinya, sehingga tubuh senantiasa fit dan terhindar dari kelelahan untuk perjalanan mudik yang nyaman!

Penulis: Fransisca Andeska | Editor: Anniza Kemala

Baca juga: Ekstrak Buah Zaitun, Senjata Ampuh untuk Kesehatan Tulang dan Otot

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat