androidvodic.com

Ekstrak Buah Zaitun, Senjata Ampuh untuk Kesehatan Tulang dan Otot - News

News - Buah zaitun telah lama dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh, merawat kulit dan rambut, mencegah penuaan dini, hingga meningkatkan kenikmatan cita rasa masakan.

Bagaimana tidak? Superfood yang kerap diekstrak menjadi minyak zaitun ini mengandung omega 3, omega 6, asam oleat, antioksidan, lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids/MUFA), asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids/PUFA), kalsium, zat besi, dan senyawa alami seperti flavonoid, polifenol, oleocanthal, dan squalene.

Berkat kandungan nutrisi yang begitu melimpah tersebut, mengonsumsi ekstrak buah zaitun secara rutin diyakini dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh. 

Melansir dari American Heart Association, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan makanan nabati, termasuk minyak nabati seperti minyak zaitun, dapat meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Baca juga: Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 40-an: Tetap Aktif Bergerak

Baik untuk kesehatan tulang dan otot 

Selain mampu menjaga kesehatan jantung, ekstrak buah zaitun ternyata juga memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah membantu mencegah degenerasi tulang akibat penuaan atau osteoporosis.

Sebagaimana diketahui, gangguan kesehatan ini merupakan kondisi penurunan kekuatan tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan mineral dan massa tulang.

Tak dapat dipungkiri, kepadatan tulang akan berkurang secara bertahap sejak usia 35 tahun. Pun, osteoporosis umumnya baru diketahui setelah pasien mengalami jatuh atau berada dalam situasi yang membuat tulangnya retak. Inilah mengapa osteoporosis disebut “silent disease” karena tidak adanya gejala yang terlihat sampai terjadinya patah tulang.

Selain itu, dilansir dari Klikdokter, minyak zaitun juga tergolong sebagai asupan nutrisi yang mampu memperkuat sendi dan membentuk tulang yang sehat. 

Hal ini turut didukung dengan penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition yang meneliti 333 partisipan yang rutin mengonsumsi minyak zaitun. Hasilnya, terdapat penurunan risiko peradangan pada kelompok yang mengonsumsi minyak zaitun

Sebuah temuan lain yang dilansir dari Klikdokter pun mendukung hal yang sama. Kandungan oleocanthal dalam minyak zaitun terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Adapun, cara kerja senyawa ini mirip dengan obat anti-inflamasi non steroid seperti ibuprofen yang sering digunakan untuk meredakan peradangan dan nyeri.

Disebutkan bahwa, sekitar 3 ½ sendok makan minyak zaitun setara dengan 200 miligram ibuprofen. Berarti, dapat dikatakan bahwa minyak zaitun mampu membantu mencegah peradangan berkat kandungan senyawa oleocanthal yang dimilikinya.

Untuk diketahui, risiko peradangan juga memiliki kaitan erat dengan kesehatan tulang dan otot. Pasalnya, terdapat juga penyakit degenerasi struktur tulang rawan sendi yang diakibatkan oleh peradangan, yaitu Osteoartritis.

Kembali mengutip Klikdokter, osteoartritis yang sering dialami pria dan wanita usia 40-50 tahun ini umumnya menyerang sendi lutut atau di sekitar panggul, meski dalam beberapa kasus dapat terjadi pada tulang belakang.

Baca juga: Nikmatnya Makan Enak Tetap Hidup Sehat: Saatnya Merdeka dari Kolesterol!

Karena itulah, penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini dengan mengonsumsi asupan yang mengandung ekstrak buah zaitun seperti minyak zaitun

Selain mengonsumsinya secara langsung, kebaikan ekstrak minyak zaitun pun bisa didapatkan dengan konsumsi nutrisi seperti Entrasol Gold.

Susu tinggi kalsium dan vitamin D ini bisa diandalkan sebagai asupan harian untuk membantu menjaga kepadatan tulang. 

Diperkaya dengan ekstrak buah zaitun yang mengandung antioksidan alami berupa hydroxytyrosol, kandungan dalam Susu Entrasol Gold bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dengan daya tangkal yang lebih kuat empat kali lipat dibandingkan vitamin C.

Tak hanya itu, ekstrak buah zaitun yang terdapat dalam susu ini juga dapat membantu menjaga massa otot, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu memperlambat proses penuaan dini, serta dapat mencegah terjadinya oksidasi low density lipoprotein (LDL) kolesterol sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

Saatnya jaga kesehatan tulang dan otot agar tetap aktif dan produktif seiring bertambahnya usia dengan konsumsi 2 gelas susu Entrasol Gold sehari! 

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Baca juga: Pulang dari Liburan Badan Malah Pegal-pegal? Ini Cara Mengatasinya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat