androidvodic.com

Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 40-an: Tetap Aktif Bergerak - News

News - Penurunan fungsi tubuh merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Utamanya seiring bertambahnya usia terutama sejak masuk usia 30-an tahun ke atas, risiko penurunan fungsi tubuh akan semakin meningkat. Hal ini salah satunya meliputi berkurangnya massa otot dan kekuatan tulang. 

Namun, tidak seharusnya penurunan fungsi tubuh membuat Anda jadi malas bergerak. Sebaliknya, jika Anda kurang melakukan aktivitas fisik dan berolahraga ketika memasuki usia 40-an, justru akan semakin menghambat proses pembentukkan massa tulang dan otot sehingga mengurangi kepadatannya.

Menurut  Dr. Linda Fried, dekan Mailman School of Public Health di Universitas Columbia, aktivitas fisik seperti olahraga bisa menjadi “pil ajaib” atau cara termudah untuk melawan efek penuaan.

“Itu karena olahraga dapat berdampak pada setiap sistem fisiologis dan menjaga seluruh tubuh Anda tetap dalam kondisi prima. Bahkan merangsang otak Anda dan membantu mencegah penurunan kognitif,” jelasnya.

Lalu, apa saja aktivitas fisik dan olahraga yang aman dilakukan di usia 40-an? Yuk, simak!

Baca juga: Nikmatnya Makan Enak Tetap Hidup Sehat: Saatnya Merdeka dari Kolesterol!

1. Kardio

Latihan kardio seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang merupakan pilihan yang cocok dan aman untuk dilakukan sebagai latihan ketahanan guna meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Berjalan kaki tergolong sebagai aktivitas dengan intensitas ringan yang dapat menguatkan stamina dan meningkatkan mood. Bagi Anda yang berusia 40-an, bisa berjalan kaki minimal 30 menit per hari dengan intensitas 5 kali seminggu.

Selain itu, pekerjaan rumah tangga serta berkebun juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang baik sebagai latihan aerobik.

2. Yoga

Untuk usia 40 tahun ke atas, yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang bagus karena dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, menguatkan otot, serta menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres.

Melansir dari KlikDokter, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hasil penelitian pada peserta berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama 5 tahun diketahui memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak melakukan yoga.

3. Latihan keseimbangan

Tubuh membutuhkan keseimbangan untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, untuk berjalan kaki saja Anda membutuhkan keseimbangan.

Namun saat memasuki usia 40 tahun, koneksi neuromuskular yang membantu tubuh tetap berdiri tegak perlahan-lahan akan mengalami penurunan. Hal ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan dan sering terjatuh.

Untuk itu, Anda dapat mulai melakukan latihan keseimbangan untuk dapat membantu mencegah cedera dan menjaga keamanan saat beraktivitas sehari-hari. Salah satu latihan keseimbangan yang dapat dilakukan adalah berdiri dengan satu kaki layaknya burung bangau dengan durasi 10 hingga 20 detik bergantian setiap kaki.

Durasi latihan keseimbangan ini dapat bervariasi tergantung dari tingkat kebugaran dan tujuan individu. Secara umum, latihan keseimbangan bisa dilakukan selama 10 hingga 30 menit setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.  

4. Plank

Plank bermanfaat untuk mengatasi sakit punggung yang kerap dialami ketika memasuki usia 40 tahun. Tidak perlu dalam durasi yang lama, manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan melakukan plank secara rutin sekitar tiga kali seminggu dengan durasi 90 detik.

Itulah empat jenis olahraga dan aktivitas yang bisa Anda lakukan agar dapat tetap aktif di usia 40-an.

Nah, untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan jantung agar dapat selalu aktif bergerak, Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat.

Entrasol Gold dapat menjadi pilihan asupan nutrisi tambahan sehari-hari yang tinggi kalsium dan vitamin D dengan manfaat membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang. 

Entrasol Gold

Baca juga: Ekstrak Buah Zaitun: Sumber Nutrisi untuk Kesehatan Otot, Tulang, dan Jantung

Kandungan ekstrak buah zaitun yang terdapat pada susu untuk orang dewasa ini mengandung zat aktif hydroxytyrosol, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C. 

Ekstrak buah zaitun pun dikenal akan manfaatnya dalam membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga kelancaran peredaran darah, serta mencegah osteoporosis. 

Entrasol Gold juga tinggi serat sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta tanpa penambahan gula, lebih rendah laktosa, dan rendah lemak, sehingga Anda tak perlu khawatir saat mengonsumsinya. 

Dengan formula baru dan tentunya rasa yang lebih enak, Entrasol Gold tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu Vanilla, Chocolate, serta Original.

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik dan berolahraga di usia 40 tahun ke atas serta melengkapi kebutuhan nutrisi dengan asupan yang tepat, tentu tubuh akan menjadi sehat dan tetap bugar!

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Anniza kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat