androidvodic.com

Pulang dari Liburan Badan Malah Pegal-pegal? Ini Cara Mengatasinya! - News

News - Akhir pekan yang panjang atau long weekend umumnya menjadi kesempatan untuk pergi berlibur serta melakukan berbagai aktivitas dengan keluarga atau teman. 

Setelah melewatkan liburan bersama orang terdekat, kebanyakan orang mungkin diharuskan untuk segera kembali menjalankan rutinitas yang padat.

Tak jarang, beberapa dari kita justru mengalami lelah dan pegal-pegal usai perjalanan liburan. Meski terdengar cukup sepele, hal ini dapat berpengaruh terhadap produktivitas, karena Anda mungkin menjadi kurang bersemangat, lemas dan cenderung tidak fokus. 

Ketika Anda kerap mengalami pegal-pegal, badan mudah lelah, juga rasa kaku pada tulang dan sendi, bisa jadi itu adalah pertanda gejala awal proses penuaan yang terjadi di dalam tubuh. 

Baca juga: Usia 30-an Sering Pegal dan Mudah Lelah? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Tips mengatasi rasa lelah dan pegal-pegal

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika Anda sering merasa lelah dan pegal-pegal? Yang pertama, tentunya Anda perlu mencari tahu penyebabnya. 

Mengutip Klikdokter, massa otot orang dewasa akan menurun sekitar 3-8 persen per dekade setelah usia 30 tahun dan tingkat penurunan ini akan lebih tinggi setelah usia 60 tahun. Seiring bertambahnya usia, kehilangan massa, kekuatan, dan fungsi otot ini akan mengakibatkan tubuh  mudah lelah hingga pegal-pegal.

Mudah lelah dan pegal juga mungkin adalah gejala beberapa penyakit seperti osteoporosis, sarcopenia sehingga risiko penyakit jantung pun meningkat. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut;

1. Pijat refleksi dengan bantuan minyak esensial

Untuk mengatasi tubuh lelah dan pegal-pegal, Anda bisa coba melakukan terapi atau pijat. Salah satu yang bisa dicoba adalah pijat dengan bantuan minyak esensial. 

Melansir situs Everydayhealth, minyak esensial memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sudah terbukti melalui berbagai penelitian, mulai dari mengurangi stres dan rasa cemas, mengurangi sakit kepala dan migrain, hingga mengatasi rasa pegal dan nyeri otot.

Dengan terapi dan pijatan yang tepat, otot-otot yang tadinya kaku pun nantinya akan terasa normal kembali.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Bukan hanya menghilangkan rasa haus, mengonsumsi air putih ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah pegal-pegal. Melansir Klikdokter, tubuh yang kekurangan konsumsi air putih atau dehidrasi akan mudah terasa pegal, terutama di saat liburan. 

Mengutip situs Health Central, Dr. Dan Cohen, penulis buku 'Quench'--yang menjelaskan tentang pentingnya hidrasi, menyebut bahwa tubuh akan terasa kaku, sulit, dan bahkan sakit ketika digerakkan. 

Maka itu, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih sebelum, saat, dan sesudah melakukan aktivitas apalagi saat berlibur.

Baca juga: Pecahkan Rekor MURI, Entrasol Adakan Event Lari Pertama untuk Usia Master 40 Tahun ke Atas

3. Istirahat yang cukup

Cara sederhana selanjutnya adalah istirahat yang cukup agar badan tidak mudah lelah saat menjalani liburan bersama keluarga atau teman. 

Pastikan Anda mendapatkan waktu beristirahat yang berkualitas, terutama sebelum dan setelah liburan. Misalnya mencoba untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, sehingga tubuh mendapatkan pola istirahat yang teratur. Untuk orang dewasa, disarankan memiliki waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap hari.

4. Penuhi kebutuhan Vitamin D, Vitamin K, dan Vitamin C

Untuk mengatasi rasa lelah dan pegal, Anda juga harus selalu menjaga pola makan serta mengonsumsi asupan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, otot, dan sendi. 

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin D, yang berfungsi mengatur kalsium dan fosfor dalam tubuh, sehingga kesehatan dan kekuatan tulang akan terjaga ketika memasuki usia lanjut. Beberapa jenis makanan kaya Vitamin D di antaranya adalah ikan salmon, tuna, tahu, susu, dan yogurt. 

Selain itu, sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin K juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung. Beberapa jenis sayuran hijau yang direkomendasikan adalah pakcoy, brokoli, sawi hijau, dan bayam. 

Sama pentingnya dengan vitamin D dan vitamin K, makanan yang mengandung vitamin C juga sangat diperlukan oleh tubuh. 

Dilansir dari Klikdokter, Vitamin C dapat membantu pembentukan protein yang banyak terdapat pada kulit, tulang, dan tulang rawan, yang juga dikenal sebagai kolagen. Vitamin C bisa didapatkan lewat sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, lemon, brokoli, dan kale. 

Selain memenuhi asupan nutrisi lewat makanan, Anda juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi tambahan dengan mengonsumsi Entrasol Gold

entrasol gold susu untuk pemenuhan nutrisi orang dewasa

Entrasol Gold merupakan susu rendah lemak yang tinggi kalsium dan vitamin D, serat dan sumber protein untuk bantu jaga kesehatan otot, tulang, dan jantung.

Susu untuk orang dewasa ini hadir untuk membantu mencegah rasa lelah dan pegal, sehingga Anda dapat selalu aktif dan produktif sepanjang hari. 

Selain itu, susu tinggi kalsium ini juga mengandung ekstrak buah zaitun yang kaya akan zat aktif hydroxytyrosol, antioksidan yang berfungsi mencegah radikal bebas empat kali lebih kuat dari vitamin C, serta bermanfaat menjaga kesehatan jantung, memperlambat proses penuaan dini, dan mencegah terjadinya oksidasi LDL kolesterol. 

Saatnya mulai konsumsi Entrasol Gold untuk jaga kesehatan otot, tulang dan jantung agar Anda produktif sepanjang hari tanpa mudah lelah dan pegal-pegal.

Penulis: Matheus Elmerio | Editor: Anniza Kemala

Baca juga: Ekstrak Buah Zaitun: Sumber Nutrisi untuk Kesehatan Otot, Tulang, dan Jantung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat