androidvodic.com

Mengenal Manfaat Ekstrak Buah Zaitun, Buah Surga yang Dukung Kesehatan Tubuh Saat Puasa - News

News - Buah zaitun disebut sebagai buah surga karena memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, termasuk untuk saat menjalankan ibadah puasa. Buah ini dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, diolah menjadi acar, dijadikan minyak, atau dalam bentuk ekstrak buah zaitun.

Tak hanya untuk mendukung kesehatan ketika berpuasa, mengonsumsi buah zaitun juga memberikan manfaat baik terutama bagi orang dewasa dan lanjut usia. 

Pasalnya, seiring pertambahan usia, risiko penyakit akibat penurunan fungsi tubuh ikut meningkat, sehingga ibadah puasa pun rentan terganggu.

Adapun manfaat dari mengonsumsi buah zaitun diantaranya sebagai berikut. Yuk, simak!

1. Sumber nutrisi dan antioksidan

Mengutip situs Healthline, buah asal Mediterania ini mengandung protein, karbohidrat, sumber vitamin dan mineral, hingga lemak sehat yang bermanfaat sebagai sumber nutrisi bagi tubuh saat menjalani ibadah puasa.

Dari 11–15 persen lemak yang terdapat pada buah zaitun, 74 persennya adalah asam oleat yaitu sejenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat baik untuk penurunan peradangan dan penurunan risiko penyakit jantung. 

Selain itu, mengonsumsi ekstrak buah zaitun ataupun buahnya langsung juga menjadi sumber antioksidan harian. 

Hal ini dikarenakan ekstrak buah zaitun mengandung zat aktif hydroxytyrosol yang berfungsi menangkal radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini serta mencegah peradangan 4 kali lebih kuat dari vitamin C.

Baca juga: Ekstrak Buah Zaitun, Senjata Ampuh untuk Kesehatan Tulang dan Otot

2. Menjaga kesehatan mulut

Saat berpuasa, Anda perlu menjaga kesehatan mulut untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Nah, kabar baiknya buah zaitun dapat membantu Anda mengatasi hal ini!

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes menjelaskan, minyak zaitun mengandung sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang membuatnya bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, berkumur dengan minyak zaitun secara rutin juga dapat mencegah dan mengatasi bau mulut.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah zaitun memiliki minyak alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Farmakolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr Setyo Sri Rahardjo dr MKes. menjelaskan, kandungan yang terdapat di dalam minyak zaitun bisa berfungsi untuk mengatasi sembelit.

“Satu di antara kandungan minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal atau lemak sehat. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan gerakan usus dan menenangkan perut,” jelas Dr. Setyo.

4. Menjaga kesehatan jantung

Melansir dari KlikDokter, buah zaitun menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian dari jurnal Circulation tahun yang dipublikasi tahun 2020 lalu, minyak zaitun dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Hasil penelitian ini menunjukkan, orang yang mengonsumsi setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Lewat penelitian ini juga diketahui bahwa rutin mengonsumsi minyak atau ekstrak buah zaitun juga mengurangi risiko memiliki risiko penyakit jantung koroner hingga 21 persen.

Baca juga: 4 Sumber Asupan untuk Cegah Osteoporosis, Ayo Mulai Konsumsi dari Sekarang!

Manfaat baik dari buah zaitun juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi susu tinggi kalsium yang mengandung ekstrak buah zaitun, yang terkandung pada pada Entrasol Gold. Kandungan ekstrak buah zaitun (hydroxytyrosol) pada susu dewasa ini dapat membantu menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, hingga pencegahan osteoporosis karena berdasarkan penelitian,  kombinasi terbaik ekstrak buah zaitun, tinggi kalsium dan vitamin D, dapat mempercepat penyerapan kalsium pada tulang.

Susu Entrasol Gold yang hadir dengan Profit Formula ini juga tinggi Vitamin D, tinggi serat, tanpa penambahan gula serta lebih rendah laktosa dan rendah lemak. Tak hanya itu, rasanya juga lebih enak dengan tiga pilihan varian: Vanilla, Chocolate, dan Original.

Untuk mendukung kesehatan tubuh saat berpuasa Ramadan, pastikan Anda memperhatikan asupan nutrisi harian dan lengkapi dengan mengonsumsi susu Entrasol Gold, susu tinggi kalsium dengan kandungan ekstrak buah zaitun, ya! Berkat Entrasol, Ibadah puasa jadi lancar.

Baca juga: Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 40-an: Tetap Aktif Bergerak

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Vincentius

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat