androidvodic.com

Mudik Pakai Motor Wajib Cek Tips Ini, Kaliper Panas Jangan Disiram Air - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Mudik lebaran menggunakan sepeda motor masih banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia, alasannya karena biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Akan tetapi, jangan lupa tetap memperhatikan keselamatan, agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Ada beberapa tips yang wajib diperhatikan agar mudik dengan sepeda motor bisa aman dan nyaman hingga ke kampung halaman.

Baca juga: Kapolri Sebut Contraflow Tetap Dibutuhkan saat Mudik Lebaran, Meski Picu Kecelakaan di Tol Cikampek

Owner bengkel khusus roda dua Yoga Motoshop Yoga Ningrat, membagikan tips untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Persiapan utama wajib service, cek kelayakan motor untuk perjalanan jauh. Khususnya bagi yang spek remnya masih bawaan pabrik, harus lebih bijak saat menggunakan rem, jangan ditekan terus menerus tuasnya gunakanlah bergantian rem depan dan belakang," tutur Yoga kepada News, Selasa (9/4/2024).

Yoga menyarankan, khusus pengereman wajib mendapatkan waktu istirahat begitu juga dengan pengendaranya.

"Sesekali rem harus diistirahatkan agar brake fluid tidak overheat yang dapat mengakibatkan berkurangnya kinerja rem dan selang rem dapat memuai dan berakibat rem blong," imbuhnya.

Selain itu, saat kaliper rem panas tidak disarankan untuk menyiramnya dengan air sebagai langkah pendingin. Ini akan berakibat fatal pada kaliper.

"Jika kaliper rem panas jangan disiram dengan air, lebih baik tunggu hingga suhu menurun dengan sendirinya. Hal tersebut menghindari agar kaliper dan disc tidak bengkok atau pecah akibat reaksi pemuaian, karena perubahan suhu yang signifikan," jelas Yoga.

Khusus pemudik yang mengambil perjalanan malam hari, Yoga mengimbau komponen penerangan harus dicek terlebih dahulu.

"Khusus untuk night riding, lampu harus dalam kondisi prima, termasuk lampu sein, lampu rem dan senja demi keamanan bersama. Jangan lupa, pastikan ban masih layak pakai dan tidak licin," ucap Yoga.

Baca juga: Mudik H-2 Lebaran, Pemudik Tujuan Lampung ini Sempat Was-was Lihat Berita Kemacetan di Merak

Melengkapi perjalanan dengan perlengkapan alat-alat kendaraan standar juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Agar memudahkan penanganan saat terjadi masalah ringan pada kendaraan.

"Jangan lupa bawa tools standard, cadangan sekring, busi dan sebagainya untuk emergency situation," imbuhnya.

Tak kalah penting, kondisi tubuh harus tetap prima. Selain itu, perlengkapan safety riding juga harus selalu diperhatikan saat berkendara.

"Selama perjalanan pastikan kondisi badan fit sehat. Jika mengantuk wajib istirahat, jangan dipaksakan. Demi keamanan bersama wajib safety ride, helm full face, jacket dan sepatu yang proper tentunya," terang Owner Yoga Motoshop.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat