androidvodic.com

Kemenag: Kirab Takbir Satukan Nilai Agama dengan Kekayaan Budaya - News

News, JAKARTA – Ribuan masyarakat Jakarta meramaikan kegiatan “Kirab Takbir Syiar Budaya Islam” yang digelar oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Penerangan Agama Islam yang dipusatkan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (9/4/2024) malam.

Kirab Takbir ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yakni santunan anak yatim dan dhuafa, rampak beduk, pawai obor, penampilan hadrah dan makan gratis bagi pengunjung Masid Istiqlal.

Menurut Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi, kegiatan untuk pertama kali ini bertujuan menghidupkan tradisi lama sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat syiar Islam yang akomodatif dan akrab dengan budaya lokal.

“Kami hendak menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam menyatukan antara nilai-nilai keagamaan dengan kekayaan budaya bangsa,” kata Zayadi melalui keterangan tertulis, Rabu (10/4/2024).

Ia menjelaskan pawai obor, yang merupakan bagian dari tradisi kirab takbir mengandung pesan-pesan kebersamaan, persaudaraan, dan keberagaman yang menjadi bagian integral dari ajaran Islam.

Lebih lanjut, Zayadi mengatakan bahwa kegiatan ini untuk merangkul dan menghormati keberagaman budaya yang ada.

Baca juga: Aturan Takbiran Idul Fitri 2024, Lengkap dengan Waktu Mengumandangkan Takbir

"Kami ingin menyampaikan pesan bahwa Islam adalah agama yang akomodatif dan menghargai budaya setempat. Melalui Kirab Takbir Syiar Budaya Islam ini, semoga menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam memperkokoh harmoni antara keagamaan dan keberagaman budaya di Indonesia,” kata Zayadi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Menparekraf Sandiaga Uno, beberapa Duta Besar Negara sahabat, Baznas, dan lain-lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat