androidvodic.com

Mensos Risma: Hari Raya Idulfitri Momentum Penuh Kemenangan - News

News, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di Indonesia.

Dirinya menghaturkan maaf kepada segenap masyarakat Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin bagi seluruh umat Islam yang merayakan," ujar Risma dalam keterangan video, Rabu (10/4/2024).

Menurut Risma, Hari Raya Idulfitri merupakan momentum penuh kemenangan.

Pada Hari Lebaran ini, Risma mengatakan seluruh umat Islam kembali suci setelah menjalani puasa di bulan Ramadhan.

"Semoga di hari penuh kemenangan ini, kita semua kembali suci dan Allah SWT menerima semua amal ibadah kita,” ucap Risma.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah yang menjadi Hari Raya Idul Fitri pada hari Rabu 10 April 2024.

Penetapan ini dilakukan setelah Pemerintah melalui Kementerian Agama melaksanakan Sidang Isbat penetapan 1 Syawal di Kantor Kemenag Jl MH Thamrin, Jakarta, pada hari Selasa (9/4/2024).

Baca juga: Kompaknya Gibran dan Keluarga Salat Id di Balai Kota Solo, Kenakan Busana Nuansa Krem dan Kuning 

Menurut perhitungan astronomis Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, posisi hilal awal Syawal 1445 H di seluruh wilayah Indonesia berada di antara 4° 52‘ 43“ sampai dengan 7° 37‘ 50“, dan elongasi antara 8° 23‘ 41“ sampai 10° 12‘ 56“.

Berdasarkan data tersebut, posisi hilal sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura) sehingga diprediksi dapat dilihat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat