androidvodic.com

Irjen Aan Suhanan Ungkap Cara Cegah Pemudik Bandel yang Istirahat di Bahu Jalan - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Sejumlah biang kemacetan saat arus mudik Lebaran 2024 sudah dipetakan pihak kepolisian yang satu di antaranya adalah sejumlah rest area di Tol.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan sendiri sudah berulang kali menyampaikan imbauannya kepada masyarakat khusus soal rest area.

"Kami tetap mengimbau memang istirahat itu perlu, harus ketika sudah lelah. Tapi kalau sudah penuh, kami mengimbau untuk maju keluar dari tol. Jadi silakan beristirahat di rest area yang ada di luar tol, di arteri," kata Aan di Command Center KM 29 Tol Japek, Minggu (14/4/2024).

Bahkan, pemudik yang tidak terbagi parkiran di dalam rest area lalu memilih memarkirkan kendaraannya di bahu jalan yang menimbulkan kemacetan.

"Jangan berhenti di bahu jalan. Pertama, ini potensial terjadi kecelakaan, ditabrak dari belakang. Kedua, mengakibatkan kemacetan karena ada yang berhenti di situ, akibatnya yang belakang ngikutin, ada pelambatan," ujarnya.

Dalam hal ini, Aan mengungkapkan, saat ini telah dibentuk Tim Urai Kemacetan. Tim tersebut, katanya, bakal berpatroli di jalan tol menyisir pemudik bandel itu.

"Kita tidak pernah bosan, tim urai kita ini, ketok-ketok, berputar. Jadi ini operasi kemanusiaan, kita tidak menggunakan tilang, kita lebih mendewasakan masyarakat," jelasnya.

Puncak Arus Balik

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik mudik lebaran 2024 akan terjadi mulai Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4/2024).

"(Puncak arus balik) hari Minggu dan Senin," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan kepada wartawan, Jumat (12/4/2024).

Untuk itu, Aan meminta kepada masyarakat agar tidak balik ke kediaman masing-masing setelah mudik pada puncak arus balik tersebut untuk menghindari kemacetan.

"Jangan tunggu puncak (arus balik), atau kami juga mengimbau menunda balik setelah tanggal 17, 18, 19 (April). Tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19 (April)" ucapnya.

Di lain sisi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengusulkan kebijakan kerja dari rumah alias WFH kepada Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi Arah Jakarta Padat, Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Sampai Besok

Opsi ini diambil untuk memecah kepadatan lalu lintas kendaraan pada arus balik lebaran 2024.

Budi menyebut WFH itu diusulkan berlaku pada Selasa (16/4/2024) dan Rabu (17/4/2024). Harapannya, ini bisa memecah keberangkatan para pekerja kembali ke Jakarta dengan waktu yang bersamaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat