androidvodic.com

25 Alumni Akpol 1996 Sudah Pecah Bintang, Bertemu di Tempat Mereka Ditempa Tanpa Ada Sekat - News

News, SEMARANG – Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1996/Wira Satya (WS) menggelar reuni dan halal bihalal di Komplek Akpol, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (27/4/2024).

Alumni Akpol 1996 sebanyak 194 orang, di mana 275 alumni Aceh hingga Papua hadir di lokasi dan 25 orang sudah berpangkat jenderal.

Tercatat, tiga alumni saat ini sudah berpangkat bintang 2 yakni Irjen Pol. Jhonny Edison Isir yang menduduki posisi Kapolda Papua Barat.

Johhny Isir merupakan peraih Adhi Makayasa alias lulusan terbaik Akpol 1996, kemudian Irjen Pol Herry Heryawan alias Herrymen bertugas di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Irjen Barito yang kini dalam penugasan di Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca juga: Syarat Masuk Akpol 2024, Cek Ketentuan Usia dan Tinggi Badan

Kemudian, 22 orang berpangkat bintang 1 yaitu Brigadir Jenderal di berbagai posisi jabatan, baik di dalam struktur maupun di luar struktur.

Ketua Yayasan Bhakti Alumni Wira Satya Kombes Pol Budhi Herdi Susianto menyampaikan, mengenakan atasan warna biru dan celana jeans, kegiatan tanpa ada sekat sesama alumni meskipun di antaranya sudah pecah bintang.

"Membaur bersama, tidak ada lagi saya lihat yang pangkatnya mohon izin Irjen (pol), Brigjen, yang pangkatnya Kombes, yang pangkatnya AKBP, semua Wira Satya dan berbaur bersama-sama,” kata Budhi dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

“Hari ini kita bernostalgia. Mudah-mudahan kekompakan ini terus bisa kita pelihara dan pertahankan, kita jaga sampai nanti, sesuai tagline kita ‘Satu Hati Pangsiun Bahagia Bersama’. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita di manapun berada,” paparnya.

Menurutnya, Alumni Akpol 1996 yang absen terkendala kegiatan dan tugas yang tidak bisa ditinggal.

Contohnya Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Iqbal Alqudusy yang tengah ibadah umrah di Tanah Suci.

Kegiatan reuni dan halal bihalal turut diisi jalan kaki berkeliling Akpol hingga senam.

Drum Corps Cendrawasih, kebanggaan Akpol tampak mengiringi mereka.

Kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal yang juga dihadiri Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno Halomoan Siregar.

Tali Asih

Para alumni turut memberikan talih asih kepada mantan pengasuh WS yakni Yunus Suwondo, Suminto, Supriyanto dan Yusron Salidi.

Mereka juga menghibahkan alat musik kepada Akpol.

Irjen Pol. Krisno Halomoan Siregar bangga melihat kekompakan Alumni Akpol 1996.

“Saya baca literatur bahwa umur yang panjang itu salah satunya ketika kita memiliki komunitas yang sehat. Saya kira semua yang hadir di sini sepakat pertemuan seperti ini membuat kita umur panjang. (Semua tampak berbaur), tidak melihat apa jabatanmu, apa pangkatmu, tapi bercengkerama, senda gurau,” papar Krisno yang merupakan Alumni Akpol 1991 itu.

Akpol 1996 sebelumnya tercatat kerap menggelar kegiatan sosial. Baik kepada sesama maupun keluarga alumni, juga ke masyarakat yang terdampak bencana alam hingga ke panti-panti asuhan.

Mereka juga tercatat membangun Wisma Wira Satya di Kompolek Akpol, mengibahkannya. Wisma 3 lantai itu diresmikan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada Senin 26 Juni 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat