androidvodic.com

Dirjen Diktiristek Pantau Langsung Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi SNBT UTBK 2024 di UI - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Prof Abdul Haris memantau langsung proses ujian masuk perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT) Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024, di Universitas Indonesia (UI).

Dalam proses pemantauan tersebut, Abdul Haris mengunjungi beberapa ruang test UTBK termasuk di antaranya ruang laboratorium komputer UI yang berlokasi di Gedung C Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI.

Baca juga: Aturan Pakaian UTBK SNBT 2024, Ada Ketentuan Khusus bagi Perempuan

Terkait dengan proses UTBK ini, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia menjelaskan perihal jumlah peserta UTBK di UI.

Menurutnya, ada sebanyak 52.148 peserta termasuk peserta penyandang disabilitas tunanetra yang terbagi menjadi dua gelombang test.

"Gelombang I dilaksanakan pada 30 April 2024, kemudian 2-7 Mei 2024, sedangkan Gelombang II akan diselenggarakan pada 14-20 Mei 2024. Lokasi ujian UTBK berada di dua tempat, yakni di Kampus Depok dan Kampus Salemba," kata Amelita Lusia kepada awak media di UI, Selasa (30/4/2024).

Dirjen Diktiristek Prof. Abdul Haris saat meninjau sekaligus memantau langsung pelaksanaan SNBT UTBK masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Indonesia, Selasa (30/4/2024).
Dirjen Diktiristek Prof. Abdul Haris saat meninjau sekaligus memantau langsung pelaksanaan SNBT UTBK masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Indonesia, Selasa (30/4/2024). (News/Rizki Sandi Saputra)

Sementara untuk lokasi pelaksanaan UTBK ini, dilakukan di 22 titik yang tersebar di Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan beberapa fakultas lainnya.

Adapun untuk di Kampus UI Salemba, UTBK dilaksanakan di tujuh titik lokasi, yaitu di Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), FEB, dan Gedung IASTH.

Khusus pelaksanaan UTBK bagi peserta penyandang disabilitas tunanetra akan dilaksanakan pada sesi ke-3, Kamis, 2 Mei 2024 di Lab 1105 Fasilkom, Gedung Lama, Kampus Depok.

Baca juga: Biaya Kuliah Unnes Per Semester Tahun 2024 untuk Jalur SNBP, SNBT, Mandiri

"Untuk memastikan posisi lokasi ujian, peserta dapat melakukan pengecekan dari laman ui.id/lokasiutbk," kata Amelita.

Hadir mendampingi kunjungan Dirjen Diktiristek yakni Ketua Umum Tim Penanggungjawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Ganefri membeberkan perihal jumlah peserta UTBK secara nasional.

Jumlahnya mencapai lebih dari 700 ribu peserta yang tersebar di 74 pusat UTBK termasuk UI.

"Kegiatan SNBT ini melalui UTBK alhamdulillah pagi ini sudah berjalan kalau tadi kita lihat mungkin secara nasional belum bisa kita lihat, tapi secara serentak kita lihat kehadirannya mendekati 100 persen, 99 persen tadi saya lihat. Jumlah peserta UTBK tahun ini 785.058 ini berada di 74 pusat UTBK," kata Ganefri saat jumpa pers di Gedung RIK, UI.

Tata Tertib Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 - Simak pertaturan atau tata tertib yang perlu ditaati saat mengerjakan UTBK SNBT 2024 yang gelombang pertamanya digelar mulai hari ini, 30 April 2024.
Tata Tertib Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 - Simak pertaturan atau tata tertib yang perlu ditaati saat mengerjakan UTBK SNBT 2024 yang gelombang pertamanya digelar mulai hari ini, 30 April 2024. (Instagram @_snpmbbppp)

Sementara untuk tahun ini, Ganefri menyebut Kemendikbudristek telah memberikan perluasan lokasi UTBK di 6 wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Indonesia.

"Tahun ini kementerian memberikan perluasan akses ke daerah 3 T ada 6 sub UTBK di Mentawai, Nias, Buol, Anambas, Sangihe Talaud," ujar Ganefri.

Dengan adanya perluasan tersebut, Ganefri menyampaikan harapan pemerintah kalau pelaksanaan UTBK ini juga bisa menjangkau seluruh anak Indonesia yang memiliki kemampuan akademik untuk menempuh pendidikan tinggi.

Hanya saja jumlah pesertanya masih tergolong minim untuk sebaran di 3T tersebut.

"Ini daerah 3T walaupun pesertanya kecil, tetapi mereka sangat terbantu dengan kita membuka akses," tukas dia.

Selain Ganefri, hadir juga mendampingi Dirjen Diktiristek Prof. Abdul Haris yakni Ketua Pelaksana SNPMB Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Sekretariat SNPMB Beti Cahyo dan plt. Wakil Rektor UI Dedi Priadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat