androidvodic.com

Peringati May Day 2024, Ribuan Buruh Gelar Unjuk Rasa di Patung Kuda Tuntut UU Ciptaker Dihapuskan - News

News, JAKARTA - Ribuan orang dari beberapa elemen serikat buruh mulai menggelar unjuk rasa di kawasan Bundaran Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat dalam rangka Hari Buruh Internasional atau May Day 2024, Rabu (1/5/2024).

Berdasarkan pantauan News, massa buruh tampak mengawali aksi unjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta sekitar pukul 09.30 WIB.

Berselang 30 menit sesuai instruksi pimpinan aksi, mereka mulai bergerak menuju area Bundaran Patung Kuda yang berjarak kurang lebih 100 meter dari titik awal.

Dalam aksi itu terlihat ribuan buruh membawa sejumlah atribut seperti poster berisi berbagai tuntutan, bendera organisasi buruh, serta memakai ikat kepala.

Terlihat juga massa dari Partai Buruh pimpinan Said Iqbal telah berada di lokasi unjuk rasa.

Terdengar ribuan buruh terus menyuarakan berbagai tuntutan mereka satu di antaranya perihal pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker)

Selain UU Ciptaker, buruh juga menuntut agar sistem outsourching segera dihapuskan dalam sistem ketenagakerjaan.

Ketika ditemui di lokasi aksi, Said Iqbal beranggapan kedua isu tersebut menjadi persoalan kaum buruh sekiranya dalam kurun lima tahun terakhir.

"Omnibus Law UU Ciptaker mengakibatkan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dimana-mana. Jadi tidak benar UU Ciptaker menarik investasi baru dan menyerap tenaga kerja," kata Said Iqbal kepada wartawan.

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta.
Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta. (News/Rahmat W. Nugraha)

Terlebih lanjut Iqbal, ratusan ribu buruh juga mengalami PHK khususnya di tahun 2023 dan 2024.

Tak hanya itu kenaikan upah terhadap buruh menurut Iqbal juga tidak sesuai yang mereka harapkan yakni hanya di angka 1,58 persen.

"Di Tangerang, Bekasi, Karawang, begitu pula di kota-kota industri lain. Padahal inflasi adalah 2,8 persen, jadi enggak naik upah kita, nombok 1 persen," jelasnya.

Adapun dalam aksi May Day 2024 hari ini, Iqbal mengatakan bahwa selain di Patung Kuda mereka juga akan menggelar aksi di Stadion Madya Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Nantinya massa buruh akan bergerak menuju ke Stadion Madya sekitar pukul 12.30 WIB usai menggelar aksi di Patung Kuda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat