androidvodic.com

Eks Hakim Agung Gazalba Saleh Didakwa Terima Gratifikasi Rp650 Juta Urus Perkara Kasasi Kasus Limbah - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa mantan Hakim Agung Gazalba Saleh bersama-sama Ahmad Riyad selaku pengacara menerima gratifikasi sebesar Rp 650 juta.

Duit itu diterima dari Jawahirul Fuad terkait pengurusan kasasi nomor 3679 K/PID.SUS-LH/2022.

"Telah melakukan atau turut serta melakukan perbuatan, menerima gratifikasi yaitu menerima uang sejumlah Rp650 juta dari Jawahirul Fuad, yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya, yaitu berhubungan dengan jabatan terdakwa selaku Hakim Agung pada Mahkamah Agung Republik Indonesia," kata jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan Gazalba di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/5/2024).

Dijelaskan jaksa, pada tahun 2017, Jawahirul Fuad selaku pemilik usaha UD Logam Jaya mengalami permasalahan hukum terkait dengan pengelolaan limbah B3 tanpa izin.

Atas permasalahan hukum tersebut, Jawahirul ditetapkan sebagai tersangka kemudian menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jombang.

Berdasarkan Putusan Nomor 548/Pid.B/LH/2020/PN Jbg tanggal 7 April 2021, Jawahirul dinyatakan bersalah dengan dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun, dan pada tingkat banding putusan tersebut dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Surabaya dengan Putusan Nomor 485/PID.SUS-LH/2021/PT SBY tanggal 10 Juni 2021.

Baca juga: Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh Didakwa Melakukan TPPU Rp 20 Miliar, Kasusnya Segera Disidangkan

"Atas putusan tersebut, pada awal bulan Juli 2021, Jawahirul Fuad menghubungi Mohammad Hani selaku Kepala Desa Kedunglosari untuk mencarikan jalur pengurusan perkara di tingkat kasasi di Mahmakah Agung RI. Atas penyampaian Jawahirul Fuad tersebut, Mohammad Hani menyetujuinya," kata jaksa KPK.

Selanjutnya, pada 14 Juli 2021, bertempat di Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Jalan Kyai Dasuki No. 1 Lebo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawahirul dan Hani bertemu dengan Agoes Ali Masyhuri, yang tidak lain adalah ayah Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor.

Dalam pertemuan tersebut, Jawahirul menyampaikan sedang mengalami permasalahan hukum.

"Atas penyampaian tersebut, Agoes Ali Masyhuri menghubungi Ahmad Riyad dengan menyampaikan permasalahan dari Jawahirul Fuad yang kemudian Ahmad Riyad meminta Jawahirul Fuad dan mohammad hani untuk datang ke kantornya," terang jaksa.

Baca juga: Terima Gratifikasi Rp15 Miliar, Hakim Agung Gazalba Saleh Ngaku Cuma Punya Avanza 2015 di LHKPN

Masih pada hari yang sama, bertempat di Kantor Ahmad Riyadh UB PhD & Partners, Jalan Juwono No. 23, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawahirul dan Hani bertemu dengan Riyad dengan menyampaikan permasalahan hukum yang sedang dialaminya.

Atas penyampaian tersebut, Riyad mengecek pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) terkait perkara Jawahirul dengan register perkara kasasi nomor 3679 K/PID.SUS-LH/2022, dengan susunan majelis hakim kasasi yaitu Desnayeti, Yohanes Priyatna, dan Gazalba Saleh. Setelah mengetahui salah satu hakim yang menyidangkan perkara tersebut adalah Gazalba, Riyad menyetujui menghubungkan Jawahirul kepada Gazalba dengan menyediakan uang sejumlah Rp500 juta untuk diberikan kepada Gazalba, setelah itu Riyad menghubungi Gazalba.

Pada akhir Juli 2022, bertempat di Kantor Ahmad Riyadh UB PhD & Partners, Jalan Juwono No. 23, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawahirul dan Hani menyerahkan uang sejumlah Rp500 juta kepada Riyad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat