androidvodic.com

Kerahkan Helikopter, BNPB Fokus Distribusi Logistik di Wilayah Terisolir Akibat Banjir Luwu - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk mendistribusikan bantuan logistik maupun evakuasi warga terdampak banjir dan longsor yang membutuhkan pelayanan kesehatan intensif di daerah terisolir khususnya di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu., Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dilakukan karena sejumlah jalur darat terdampak tanah longsor.

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen Fajar Setyawan mengatakan saat ini terdapat delapan desa yang bisa diakses.

Tujuh desa di antaranya, kata dia, dapat diakses menggunakan helikoptr dan satu desa lainnya dapat diakses melalui jalur darat.

"Hasil evaluasi setelah kami berkunjung langsung, terdapat tujuh desa yang bisa diakses helikopter yaitu Desa Pajang, Ulusalu, Boneposi, Tolajo, Pangi, Buntu Sarek dan Rante Balla," kata Fajar dalam Siaran Pers BNPB pada Rabu (8/5/2024).

"Terdapat satu desa yang sudah bisa diakses jalur darat yaitu Desa Kadundung," sambung dia.

Baca juga: Warga Rumah yang Rusak Akibat Banjir di Luwu Bakal Dapat Bantuan dari BNPB

Terbukanya akses pada delapan desa tersebut, kata dia, membuat distribusi logistik terbatas telah sampai kepada masyarakat serta mampu mengevakuasi masyarakat untuk mengungsi.

Namun sampai saat ini masih terdapat empat desa yang belum dapat diakses antara lain Desa Lambanan, Tibussan, Tabang dan Tobaru.

Fajar menyatakan pihaknya bersama dengan unsur terkait akan melakukan distribusi logistik dan evakuasi warga terdampak di Desa Tibussan.

"Kami akan mendaratkan helikopter di Desa Tibussan, tentunya untuk mengantar logistik dan evakuasi warga yang utamanya dalam kondisi sakit untuk dibawa ke Pos Komando Utama di Belopa," kata Fajar.

Baca juga: Jenazah Anak 8 Tahun Ditemukan 100 Meter dari Jasad Ibunya di Sungai Suli Kabupaten Luwu

Distribusi bantuan logistik serta evakuasi warga yang sakit terus dilakukan menggunakan helikopter Bell BNPB dan Helikoper AW Polri.

Bantuan logistik disalurkan ke Desa Pangi, Buntu Sarek serta Tibussan.

Warga yang membutuhkan perawatan intensif, kata dia, langsung diarahkan ke pos kesehatan di Pos Komando Utama, Belopa serta rumah sakit terdekat menggunakan ambulance.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat