androidvodic.com

Diisukan Jadi Menkeu Prabowo-Gibran, Menkes Budi Gunadi Berkelakar: Aku Mau Menteri Penerangan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut menjadi salah satu orang yang diisukan menjabat menteri keuangan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Namun, Budi enggan menanggapi isu tersebut secara serius dan memilih menjawab secara bercanda.

"Itu [isu jadi Menteri Keuangan] kan yang bicara dari teman-teman wartawan. Nanti yang mutusin kan presiden terpilih," katanya ketika ditemui di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2024).

Ketika ditanya mengenai kesiapan jika ditunjuk kembali menjadi menteri, ia berkelakar lebih siap untuk lari di ajang Berlin Marathon di usianya yang sudah menginjak 60 tahun.

Baca juga: Siapa Menteri Keuangan Prabowo-Gibran? Muncul Rini Soemarno, Mahendra Siregar, Budi Gunadi Sadikin

Dia bilang, sebagai Menteri Kesehatan, dirinya harus memberi contoh hidup sehat kepada masyarakat.

Ia kemudian ditanya lagi jika siap menjadi menteri di kabinet selanjutnya, ingin diposisikan di kementerian apa.

Budi menjawab lagi dengan berkelakar bahwa dirinya ingin menjadi Menteri Penerangan seperti yang ada di era Seoharto.

"Kalau ada posisi kayak zamannya Pak Harto, Menteri Penerangan yang mengurusi wartawan, aku mau jadi Menteri Penerangan," ujarnya sembari tertawa.

Sebelumnya, media asing Bloomberg membocorkan nama yang diincar Prabowo untuk menjadi menteri keuangan di masa pemerintahannya mendatang.

Bloomberg menyebut Sri Mulyani tidak akan lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo disebut sedang mempertimbangkan sejumlah tokoh yang berlatar belakang bankir, sebagai Menteri keuangan.

Prabowo disebut mencari teknokrat untuk mengamankan pendanaan negara, menjaga kewaspadaan fiskal, serta bisa memenuhi janji kampanyenya.

Sumber-sumber Bloomberg mengatakan 4 nama yang sedang dipertimbangkan adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo.

Kemudian Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, nama-nama calon yang disebutkan di atas disebut memiliki latar belakang yang baik.

"Kayanya calonnya ada empat (berdasarkan kabar yang beredar). Pak Budi Menkes, Pak Tiko, Pak Mahendra, lalu Pak Royke ya figur-figur yang sangat bagus menurut saya," ucap Erick beberapa waktu lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat