androidvodic.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika Dorong Peningkatan Ekonomi Digital Masyarakat Desa - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) berupaya mendorong peningkatan ekonomi digital masyarakat desa.

Hal tersebut dilakukan Kemenkominfo dengan menggelar Sarasehan Nasional dan Workshop Literasi Digital Sektor Pendidikan dengan tema “Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Transformasi Pemanfaatan Platform Digital” di Balai Desa Sawentar, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Upaya ini dilakukan bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Veteran Jatim), dan Relawan TIK.

“SDGs (Sustainable Development Goals) adalah upaya terpadu untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah melalui keterangan tertulis, Senin (13/5/2024).

Rini menambahkan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut, masyarakat harus memanfaatkan teknologi digital khususnya di bidang pertanian, perikanan, serta Industri Kecil dan menengah (IKM), dan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya minta para milenial dan gen-z untuk memanfaatkan teknologi digital supaya pertanian, perikanan, IKM dan UMKM kita ini tidak konvensional termasuk dalam pemasarannya, kita harus memanfaatkan platform e-commerce untuk memasarkan hasil pertanian, perikanan, IKM dan UMKM kita," tutur Rini.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jatim, Prof. Dr. Ir. Novirina Hendrasarie, M.T. pada kesempatan yang sama menyampaikan komitmennya dalam mendukung digitalisasi di desa-desa di Kabupaten Blitar.

Hal ini dilakukan melalui sumber daya yang dimiliki oleh UPN Veteran Jatim.

"Kami dari UPN punya delapan Fakultas yang nantinya bisa membantu desa dalam membangun dan mentransformasi digital desa," katanya.

"Sebagai akademisi yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi, kami sangat menyadari pentingnya literasi digital bagi masyarakat desa dan Kami berkomitmen untuk mendukung semua upaya literasi digital di semua desa utamanya desa sawentar," tambahnya.

Baca juga: Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

Sarasehan Nasional ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat