androidvodic.com

Paspampres: Pria yang Coba Terobos Presiden di Konawe Telah Diserahkan ke Aparat Keamanan - News

Laporan Wartawan News, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres angkat bicara terkait adanya seorang pria yang mencoba mendekati Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari arah belakang.

Asintel Paspampres Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi saat Presiden akan menyampaikan keterangan pers kepada media di RSUD Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024) kemarin.

Menurut Herman sebagaimana biasanya bahwa saat menyampaikan keterangan pers, Presiden Jokowi didampingi oleh pejabat yang telah ditentukan.

Namun saat Presiden menyampaikan keterangan pers tersebut, tiba tiba muncul dari arah belakang seorang pria yang hendak mendekati Presiden

"Saat Bapak Presiden menyampaikan doorstop depan media, tiba-tiba datang seseorang dari belakang menghampiri Bapak Presiden dengan maksud dan tujuan sampai saat ini masih didalami," katanya kepada News.

Baca juga: Sosok Pria di Konawe yang Terobos Paspampres hingga Jokowi Terdorong Hampir Jatuh

Melihat kejadian tersebut anggota Paspampres yang melakukan pengawalan langsung mengamankan pria tersebut.

Hal itu sebagaimana aturan yang diamanatkan dalam UU TNI nomor 34 tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI dalam hal pengamanan VVIP.

Hal itu juga sesuai dengan tugas pokok Paspampres sebagaimana yang ada dalam Undang-Undang sesuai dengan standar prosedur yang dimiliki yaitu melaksanakan tugas pengamanan fisik jarak dekat terhadap kemungkinan ancaman yang dapat membahayakan Obyek VVIP.

"Sehingga dengan adanya tindakan seseorang yang mencoba mendekat ke Obyek VVIP, anggota Paspampres mengamankan dengan cara menjauhkan orang tersebut dari obyek VVIP untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Warga yang mencoba menerobos tersebut, kata dia, berhasil dihalau oleh pengawal pribadi (Walpri) yang merupakan bagian dari Paspampres.

Warga tersebut kini sudah diserahkan kepada pihak keamanan di Konawe.

"Orang yang mencoba mendekat di atas sudah diserahkan kepada keamanan wilayah untuk didalami terkait motif dalam mencoba menerobos mendekat terhadap obyek VVIP," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Selasa (14/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat