androidvodic.com

Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Kabupaten Nganjuk Dibuka: Jadi Sarana Pencarian Bibit Atlet Potensial - News

News, NGANJUK - Pembukaan Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi dibuka di Gor Bung Karno, Jalan Barito, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Kamis (16/5/2024).

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Rudy Sufahriadi turut hadir dalam prosesi pembukaan didampingi Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna beserta jajaran Forkopimda setempat, dengan sambutan kesenian tradisional reog.

Acara kemudian dilanjutkan dengan senam bersama para peserta yang terdiri dari pelajar, pelaku olahraga, guru penjas, dan IGTKI yang berjumlah 1500 orang dari 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk, penampilan Tari Nganjuk Nyawiji, hingga pelepasan balon merah putih ke udara.

Baca juga: Menpora Dito Ingatkan Cabor Agar Melapor Kemenpora Apabila Ada Kekurangan saat Persiapan Olimpiade

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Rudy Sufahriadi mengatakan Kejuaraan Tarkam merupakan salah satu program Kemenpora yang bertujuan untuk membiasakan masyarakat berolahraga. Selain itu, program tersebut juga dapat menjadi sarana pencarian bibit atlet potensial.

"Program ini sebagai upaya untuk membugarkan masyarakat indonesia. Semoga dengan acara ini masyarakat menjadi bugar dan sehat," katanya.

Rudy mengungkapkan, antusias masyarakat Kabupaten Nganjuk begitu luar biasa dalam mendukung dan berpartisipasi di kompetisi ini. Dia juga terkesan dengan kemeriahan prosesi pembukaan Kejuaraan Tarkam di Kota Angin.

"Nganjuk kabupaten luar biasa. Semoga ke depan lahir atlet-atlet muda berprestasi dari Nganjuk. Jika hasil tahun ini bagus. Kita pilih Nganjuk lagi dalam penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam tahun depan," ujarnya.

Baca juga: Kemenpora Gelar Seleksi Siswa Baru CYATC 2024, Mencari Atlet Muda Berkualitas

Sementara itu, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna menyebut Kabupaten Nganjuk sudah dua kali terpilih menjadi titik penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam Kemenpora. Ia pun berterima kasih atas dukungan Kemenpora di acara tersebut.

"Kabupaten Nganjuk dengan jumlah penduduk 1,139 juta jiwa pastinya punya potensi olahraga. Terbaru, Muhamad Iqbal Syarif warga Nganjuk berusia 12 tahun masuk dalam Timnas U-12. Dia akan berlaga di turnamen Gothia Cup di Swedia Juli mendatang. Mari kita nikmati event olahraga, jaga sportivitas untuk menjadikan Nganjuk bangkit, berkah, dan barokah," kata Sri Handoko.

Adapun Kejuaraan Tarkam di Kabupaten Nganjuk berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis (16/5/2024) hingga Sabtu (18/5/2024).

Baca juga: Naikkan Level Olahraga Nasional, NOC Indonesia Upayakan Pencak Silat Masuk AIMS

Dalam Kejuaraan Tarkam terdapat empat cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik atau lari, bulu tangkis, bola voli, dan senam. Sebanyak 508 atlet pelajar yang mewakili 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk ikut berpartisipasi di Kejuaraan Tarkam.

Event ini tidak hanya di Kabupaten Nganjuk saja, tetapi berlangsung di 100 titik wilayah seluruh Indonesia. Di wilayah Jawa Timur sendiri, selain Kabupaten Nganjuk, Kejuaraan Tarkam itu juga digelar di Sidoarjo, Malang, Sampang, dan Pacitan. (*)

Baca juga: Kemenpora Tetap Apresiasi Tinggi Perjuangan Skuad Garuda: Ini Capaian yang Membanggakan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat