androidvodic.com

Bantahan SYL soal Adanya Patungan di Kementan untuk Penuhi Kebutuhannya: Saya Tak Tahu Menahu - News

News - Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) membantah sejumlah pernyataan saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi dan gratifikasi di lingkungan Kementan yang digelar Rabu (15/5/2024).

SYL mengaku tidak mengetahui adanya sharing atau patungan para pejabat Kementan untuk memenuhi segala permintaannya.

Hal itu diungkap SYL saat diberikan kesempatan menanggapi keterangan sejumlah pejabat Kementan yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu lalu.

Di hadapan majelis hakim, SYL menyatakan akan menjelaskan lebih rinci bantahan atas keterangan saksi yang menyebut adanya patungan untuk kepentingan pribadinya.

"Semua sharing-sharing dan seperti apa yang disampaikan, akan saya jawab dalam pembelaan saya dan saya nyatakan tidak betul, saya tidak tahu menahu," ujar SYL, dikutip dari tayangan Kompas TV, Rabu.

Dalam kesempatan itu, SYL juga menanggapi pernyataan dua dirjen Kementan, yakni Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto dan Dirjen Tanaman Pangan Suwandi yang dihadirkan dalam sidang.

SYL menyebut, dua dirjen tersebut merupakan orang andalannya di Kementan.

"Dua Dirjen ini orang andalan saya, mereka selalu patuh pada proses dan aturan," kata SYL.

"Oleh karena itu, saya tidak pernah mencampuri rekomendasi-rekomendasi atau proyek-proyek, bisa ditanya ke mereka (para saksi)."

SYL juga mengaku tidak pernah mencampuri urusan proyek di Kementan selama dirinya menjabat.

Hal itu dilakukan SYL tidak hanya saat menjadi Mentan, melainkan saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Gowa dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Baca juga: 3 Aset Mewah SYL yang Disita KPK, Terbaru Rumah di Makassar Senilai Rp 4,5 M

"Oleh karena itu, kalau ada yang mengatakan saya mencampuri Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dan lain-lain saya kira tidak bapak," jelas SYL.

Beragam Permintaan SYL ke Kementan

Dalam persidangan, terungkap SYL pernah meminta uang Rp 1 miliar untuk membiayai umrah dirinya dan keluarga.

Pengakuan itu disampaikan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat