androidvodic.com

Mendagri Beri Pesan kepada 5 Pj Gubernur Baru, Singgung Kebijakan Hingga Anggaran - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik lima penjabat (Pj) Gubernur untuk ditugaskan di Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara. 

Mereka yakni Zudan Arief yang dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan. Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Baca juga: Penjelasan Mendagri soal Pertukaran Pj Gubernur Sulawesi Barat dengan Sulawesi Selatan

Muhammad Rudy Salahuddin sebagai Pj Gubernur Gorontalo. Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten. Lalu Samsudin sebagai Pj Gubernur Maluku Utara.

Tito memberikan pesan mereka ketika akan menjalankan tugasnya.

Pertama yakni untuk Pj Gubernur Gorontalo Muhammad Rudy Salahuddin yang merupakan pejabat dari Kementerian Perekonomian.

Baca juga: Isi Surat Edaran Pj Gubernur Jabar Tentang Pelaksanaan Study Tour di Sekolah, Soroti 3 Poin

"Mudah-mudahan Bapak dengan segala pengalaman perekonomian, Saya juga baru dapat cerita tadi bahwa rupanya Bapak (Rudy) juga orang tuanya mantan Wakil Gubernur DKI. Sekarang sedikit Bapak naik kelas menjadi gubernurnya gitu, meskipun di Gorontalo," kata Tito dalam sambutannya di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2024).

Untuk Pj Gubenur Sulawesi Barat, Bahtiar dan Pj Gubenur Sulawesi Selatan, Zudan Arif, Tito berharap pengalaman keduanya bisa menjadi modal untuk membuat kebijakan dengan tepat. 

"Dengan makin banyak pengalaman di daerah akan makin mengalami daerah-daerah dan bisa membuat kebijakan yang tepat. Pak Zudan bukan orang baru sudah dua kali berpengalaman, pernah menjadi Pj Gorontalo, Pj di Sulbar kemarin, sekarang di Sulsel dengan tantangan yang tidak ringan," kata dia.

"Pak Bahtiar juga pernah ini, saya kira sudah Pj yang ketiga, pernah di Kepri, di Sulawesi Selatan dan saat ini di Pj Sulawesi Barat ya. Saya berharap dengan 3 kali pengalaman Pj itu bapak-bapak akan lebih kaya. Saya doakan akan lebih menjadi pimpinan di masa yang akan datang karena memahami betul situasi semua wilayah-wilayah itu," pungkasnya.

Untuk Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Tito menilai kerjanya sudah bagus selama ini.

Baca juga: Mendagri Lantik 5 Pj Gubernur Pagi Ini di Kantor Kemendagri Berikut Daftar Nama dan Lokasi Penugasan

"Banten Pak Muktabar beliau perpanjangan sudah yang ketiga. Kinerja beliau cukup bagus selama ini," kata Tito.

Kemudian Tito mengatakan untuk Pj Gubernur Maluku Utara dilantik karena memang habis masa jabatannya. 

"Semakin banyak mereka pernah bertugas di daerah, mereka akan tahu persis apa yang terjadi di daerah itu saat mengambil kebijakan, anggaran, dan lain-lain, akan pas dengan kondisi daerah," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat