androidvodic.com

Penjelasan Mendagri soal Pertukaran Pj Gubernur Sulawesi Barat dengan Sulawesi Selatan - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra 

News, JAKARTA - Mendagri Tito Karnavian telah secara resmi melantik 5 Penjabat (Pj) Gubernur, Jumat (17/5/2024).

Dua di antara lima Pj Gubenur itu bukanlah sosok baru menjabat sebagai pengisi kekosongan kepala daerah definitif.

Dia di antaranya yakni, Bahtiar dan Zudan Arif Fakrulloh.

Baca juga: Mendagri Tito Berharap Pilkada 2024 Bisa Berlangsung Cepat, Agar Pejabat Definitif Segera Dilantik

Dalam penetapan dan pelantikan kali ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Tito Karnavian memberikan mandat kepada keduanya seakan untuk bertukar posisi.

Bahtiar yang sebelumnya dilantik menjadi Pj Gubernur Sulawesi Selatan, kini yang bersangkutan dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Sementara, Zudan Arif yang sebelumnya dilantik menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat kini yang bersangkutan dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

Baca juga: Mendagri Lantik 5 Pj Gubernur Pagi Ini di Kantor Kemendagri Berikut Daftar Nama dan Lokasi Penugasan

Terkait dengan kondisi itu, Tito menjelaskan alasannya. Kata dia, para Pj yang juga merupakan pejabat di Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) tersebut diberikan kesempatan untuk memimpin sebanyak-banyaknya daerah.

"Tadi sudah saya sampaikan. Dari Kemendagri prinsipnya kita ingin agar mereka makin banyak-banyak mereka bertugas di daerah, mereka akan makin memahami. Kalau pak zudan setahun. Pak bahtiar juga ya cukup lama juga ya," kata Tito saat ditemui awak media usai pelantikan, di Kementerian Dalam Negeri RI, Jumat (17/5/2024).

Lebih lanjut, Tito menyebut kalau dengan adanya pertukaran tempat sebagai Pj Gubernur ini, maka keduanya diharapkan memiliki pengalaman baru.

Tak hanya itu, mantan Kapolri tersebut juga meyakini kalau dengan semakin banyaknya pengalaman yang didapat, maka keduanya akan memahami permasalahan di berbagai daerah.

"Mereka tukar tempat otomatis punya tempat baru, pengalaman baru. Pak Zudan di Sulsel isinya seperti apa, problemanya apa. Dengan terlibat lebih tahu. Pak bahtiar cukup paham mengenai Sulsel. Geser ke sulbar dia akan lebih paham lagi problem-problem di Sulbar," kata dia.

Khusus untuk Bahtiar yang menjadi Pj Gubernur Sulbar, kata dia akan menempati persoalan strategis.

Salah satunya yakni, memiliki kedekatan dengan provinsi yang akan menjadi Ibu Kota Negara baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat