androidvodic.com

Peringatan 100 Tahun KWI Gelar Aksi Sosial, Refleksi Gereja-Bangsa dan Seminar Lintas Agama - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) pada tanggal 15 Mei 2024 tepat merayakan 100 tahun Sidang Konferensi Para Uskup. 

Sidang Para Uskup pertama kalinya dilaksanakan pada 15 Mei 1924 di Pastoran Katedral, Jakarta.

Peringatan 100 tahun KWI dibuka pada tanggal 19 November 2023 dan akan berpuncak pada tanggal 13 November 2024.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC menjelaskan, bahwa biasanya, sidang KWI ini hanya pada bulan November, tetapi pada tahun ini dalam peringatan 100 tahun dibagi menjadi 2. 

Di mana, sidang bagian pertama 13-16 Mei, lalu sidang kedua pada 7-13 November 2024.

Adapun tema peringatan 100 tahun KWI ini adalah 'Berjalan Bersama Membangun Gereja dan Bangsa'.

"Mengapa tema ini ada, karena itulah kehadiran Gereja Katolik hanya untuk membangun gereja dan bangsa melalui nilai-nilai kristiani sebagai mana diamanatkan oleh Tuhan," kata Uskup Antonius saat konferensi pers di Gedung KWI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2024).

Hadir mendampingi, Sekretaris Jenderal KWI yang juga Uskup Keuskupan Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM.

Antonius mengatakan, peringatan 100 tahun KWI ini menjadi kesempatan istimewa karena bertepatan dengan Sinode Para Uskup 2023-2024 tentang Sinodalitas: Persekutuan, Partisipasi, dan Misi dan juga bertepatan dengan rencana kunjungan Bapa Suci Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024. 

Uskup Keuskupan Bandung ini menambahkan, dalam rangka memperingati 100 tahun ini, KWI mengadakan berbagai macam kegiatan berupa selebrasi/perayaan, formasi/studi dan aksi sosial yang diperuntukkan bagi saudara-saudari yang difable. 

"Biasanya peringatan 100 tahun selebrasi besar, kita tidak melakukan selebrasi besar-besaran. KWI ingin memberikan contoh kepada Gereja-gereja, bahwa selebrasi gereja katolik yang pertama-tama adalah perayaan syukur ekaristi. Makannya pada tgl 15 Mei kemarin, kita merayakan perayaan syukur ekaristi," ucap Antonius.

"Tetapi kita fokuskan pada refleksi hari studi dan aksi sosial. Itu yang kita jalankan," sambungnya.

Antonius menambahkan, bahwa salah satu bentuk penting perayaan 100 tahun ini adalah diadakannya Sidang Waligereja secara istimewa pada 13-16 Mei 2024. Sidang ini dihadiri oleh 33 Bapak Uskup Aktif, 3 Administrator Diosesan, 1 Vikaris Jenderal (Vikjen) dan 6 Bapak Uskup Emiritus. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat