androidvodic.com

Uang Kuliah Naik, Berikut 4 Negara di Dunia dengan Biaya Kuliah Termurah, Kamu Bisa Coba - News

News,  JAKARTA -  Sebanyak 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menaikkan biaya kuliah yakni Uang Kuliah Tunggal (UKT) maupun uang pangkal di tahun 2024 ini.

UKT biaya kuliah yang dibayarkan setiap semester (6 bulan) sementara uang pangkal dibayarkan hanya satu kali di awal perkuliahan.

Kenaikan UKT ini mendapat kritik dari mahasiswa dan calon mahasiswa dalam beberapa hari terakhir.

Mahasiswa Mengadu ke DPR

Kemarin, Kamis (16/5/2024),  Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) mengadu ke Komisi X DPR terkait kenaikan biaya UKT.

Perwakilan BEM SI dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Maulana Ihsanul Huda mengatakan pihaknya sudah menggelar aksi demo di kampus sampai dua kali namun hasilnya nihil.

"Yang kita resahkan UKT di Unsoed ini naik melambung sangat jauh sendiri, naik bisa 300 sampai 500 persen," ujar Maulana di ruang rapat Komisi X DPR, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

"Contohlah di fakultas saya sendiri, Fakultas Peternakan. Itu yang sebelumnya Rp 2,5 juta sekarang naiknya jadi Rp 14 juta. Itu tingkatan paling tinggi. Bagaimana kita tidak marah dengan hasil seperti itu?" ujarnya.

DPR Bentuk Panja Biaya Pendidikan

Mendengar itu, Komisi X DPR yang membidangi masalah pendidikan berencana membentuk Panitia Kerja (Panja)  Panja Biaya Pendidikan.

Nantinya Panja Biaya Pendidikan akan memanggil stake holder pengelola anggaran pendidikan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kemendikbud Ristek, Bappenas, hingga pemerintah daerah.

"Tahun ini saja ada Rp 665 triliun dari APBN yang dialokasikan untuk membiayai pendidikan. Maka agak aneh ketika komponen biaya pendidikan dari peserta didik kian hari meroket, padahal alokasi anggaran pendidikan dari APBN juga relatif cukup besar,” kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

Baca juga: Biaya Pendidikan Meroket, Komisi X DPR Bentuk Panja

Alternatif Kuliah di Luar Negeri

Nah, bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri bisa mengecek informasi berikut ini.

Sekaligus bisa membandingkan biaya kuliah di dalam negeri dan luar negeri.

Kamu juga bisa memanfaatkan beasiswa yang saat ini banyak tersedia.

Namun jika kamu ingin kuliah di luar negeri dengan biaya sendiri, masalah biaya pendidikan harus diperhitungkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat