androidvodic.com

KPK Tegaskan Status Hakim Agung Gazalba Saleh Masih Tersangka Meski Sudah ke Luar dari Rutan - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa status Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh sudah ke luar dari rutan.

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta diketahui mengabulkan eksepsi Gazalba dan memerintahkan jaksa KPK mengeluarkannya dari dalam tahanan.

Baca juga: Pimpinan KPK Minta Jaksa Ajukan Banding dan Lanjutkan Perkara Pokok Gazalba Saleh

"Iya. Tetap (tersangka). Kan begitu. Karena tidak masuk ke substansi dari apa yang ditemukan oleh KPK pada saat penyidikan," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (29/5/2024).

Status tersangka masih melekat pada Gazalba karena hakim belum memutus terkait pokok perkaranya.

Sebab, putusan sela majelis hakim hanya mengadili terkait sisi formil, belum masuk ke substansi perkaranya.

Lantas apakah statusnya adalah tersangka atau terdakwa? Ali menyebut sama saja.

Yang pasti, Gazalba belum bebas secara hukum.

Dia hanya dikeluarkan untuk sementara dari Rutan KPK.

"Itu kan cuma narasinya saja. Apakah tersangka atau terdakwa. Karena tersangka itu dalam proses penyidikan, terdakwa dalam persidangan," jelasnya.

Baca juga: Pimpinan KPK harus Temui Jaksa Agung Usai Eksepsi Hakim Agung Gazalba Saleh Diterima

"Poin pentingnya adalah tetap. Teman-teman bisa nyebut sebagai tersangka juga tidak masalah. Sebagai terdakwa juga tidak masalah karena memang itu hanya narasi, kalimat istilah-istilah teknis hukum," Ali mengimbuhkan.

"Tapi yang pasti substansi hukum dugaan korupsi yang dilakukan GS (Gazalba) belum disentuh sama sekali. Tapi berkasnya sudah lengkap," sambungnya.

KPK pun telah melawan putusan sela hakim Pengadilan Tipikor Jakarta yang mengabulkan eksepsi Gazalba Saleh.

Terdakwa kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Gazalba Saleh berjalan keluar usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (27/5/2024). Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menerima nota keberatan atau eksepsi yang diajukan mantan hakim agung nonaktif Gazalba Saleh. Sidang kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Gazalba itu tidak lanjut ke tahap pembuktian. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Gazalba Saleh berjalan keluar usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (27/5/2024). Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menerima nota keberatan atau eksepsi yang diajukan mantan hakim agung nonaktif Gazalba Saleh. Sidang kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Gazalba itu tidak lanjut ke tahap pembuktian. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Lembaga antirasuah itu melawan putusan tersebut dengan langkah banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat