androidvodic.com

Profil Joice Triatman, Stafsus SYL jadi Saksi Dugaan Korupsi Kementan, Sebut Nama Surya Paloh - News

News - Berikut ini profil serta sepak terjang Joice Triatman, staf khusus (stafsus) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menjadi saksi di persidangan kasus dugaan korupsi Kementerian Pertanian (Kementan).

Diketahui Joice juga menyebut nama Surya Paloh dalam kesaksiannya di persidangan.

Hal tersebut terungkap dalam sidang kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Eks Mentan SYL di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Dalam kesaksiannya, Joice mengatakan bahwa Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengetahui terkait bantuan dana dari Kementan untuk kegiatan organisasi sayap Partai NasDem bernama Garda Wanita (Garnita) Malahayati.

Dana tersebut digunakan salah satunya untuk membiayai program bagi-bagi sembako hingga hewan kurban.

Joice menyebutkan bahwa terdapat laporan kegiatan dari Garnita Malahayati kepada Surya Paloh.

“Yang saudara laporkan itu terkait apa saja kepada ketua umum saudara, Pak Surya Paloh,” tanya Kuasa hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen, kepada Joice.

Joice mengatakan bahwa laporan tersebut dirangkum lantaran tidak rutin.

“Kami melaporkan kegiatan-kegiatan, karena sifatnya tidak rutin maka itu kami rangkum, jadi kami rangkum apa-apa saja yang sudah dilakukan dan yang akan rencana kami lakukan ke depan,” jawab Joice.

Lebih lanjut Djamaludin menanyakan apakah Surya Paloh juga mengetahui asal aliran dana yang digunakan untuk kegiatan Garnita.

Serta apakah Joice melaporkan semua itu kepada Surya Paloh.

Baca juga: Joice di Sidang SYL: Surya Paloh Tahu Program Sembako dan Hewan Kurban dari NasDem Didanai Kementan

“Saudara menyebutkan bahwa terkait dengan hewan kurban, sembako, telur, itu ada bantuan dari Kementan?” tanya Kuasa Hukum SYL itu.

“(Lapor) kepada Pak Surya Paloh?” timpal Djamaludin.

“Iya,” kata Joice.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat