androidvodic.com

Delegasi Vatikan Sambangi Kemenlu Bahas Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Delegasi Vatikan bertemu perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (Kemenlu RI) di kantor Kemenlu RI, Jakarta, Kamis (30/5/2024) siang. 

Tim pendahuluan ini bertemu dengan phak Kemenlu RI untuk berkoordinasi kunjungan pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, ke Indonesia pada 3-6 September 2024. 

Pertemuan ini dibenarkan Juru Bicara Kemenlu RI yang juga Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan Kemenlu RI, Rolliansyah Soemirat.

"Betul ada pertemuan hari ini antara delegasi dari Vatikan dengan unit terkait di Kementerian Luar Negeri," kata pria yang akrab disapa Roy ini saat dikonfirmasi News, Kamis. 

Baca juga: VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF Cerita Deni Iskandar Mengenai Sosok Paus Fransiskus

Roy mengatakan, pertemuan tersebut membahas persiapan, salah satunya tingkat teknis. 

"Ada banyak persiapan dan pertemuan tingkat teknis dilakukan dalam rangka persiapan kunjungan tersebut. Ini hanya salah satunya," ungkap dia. 

Baca juga: Kisruh Tapera, Istana Serahkan ke Kementerian PUPR untuk Menjelaskan ke Publik

Pembahasan bersama tim teknis dengan delegasi Vatikan itu merupakan rapat awal, di mana banyak hal-hal yang dibahas. 

Banyaknya pembahasan teknis tersebut lantaran kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia merupakan kunjungan tertunda. Pasalnya kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia awalnya direncanakan pada tahun 2020. Kemudian tertunda akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia. 

"Biasanya tim teknis kalau masih rapat - rapat awal gini banyak banget yang dibahas. Apalagi ini kan kunjungan yang tertunda sejak covid. Jadi seluruh persispan yang dulu pernah dilakukan perlu dibahas bersama lagi untuk kelancaran dan keberhasilan kunjungan," jelas Roy. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat