androidvodic.com

Tema Hari Laut Sedunia 2024, Berikut Sejarah Peringatan World Oceans Day - News

News - Simak inilah tema dan sejarah peringatan Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day.

Setiap tahunnya, Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day diperingati pada 8 Juni.

Tahun ini, peringatan Hari Laut Sedunia jatuh pada Sabtu (8/6/2024), besok.

Hari Laut Sedunia mengingatkan setiap orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan peringatan Hari Laut Sedunia ini adalah untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak tindakan manusia terhadap lautan, mengembangkan gerakan warga dunia untuk lautan, dan memobilisasi serta menyatukan populasi dunia dalam sebuah proyek untuk pengelolaan lautan dunia yang berkelanjutan.

Tema Hari Laut Sedunia 2024

Mengutip worldoceanday.org, tema Hari Laut Sedunia 2024 yang diusung yakni 'Catalyzing Action for Our Ocean & Climate' (Mengkatalisasi Aksi untuk Laut & Iklim Kita).

Dengan mengembangkan gerakan ini melalui kolaborasi transformatif, tema tersebut bertujuan untuk menciptakan tidak hanya planet biru yang sehat, namun juga masyarakat yang lebih adil, setara, dan berkelanjutan.

Sejarah Peringatan Hari Laut Sedunia

Hari Laut pertama kali dideklarasikan pada acara paralel di Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED) di Rio de Janeiro pada 8 Juni 1992.

Deklarasi ini terinspirasi dari acara yang diselenggarakan pada hari itu oleh Oceans Institute of Canada dan didukung oleh Pemerintah Kanada.

Baca juga: Tanggal 8 Juni 2023 Memperingati Hari Apa? Kelahiran Soeharto hingga Hari Laut Sedunia

Pada 2008, Majelis Umum memutuskan bahwa 8 Juni ditetapkan oleh PBB sebagai 'Hari Laut Sedunia'.

Sementara itu, peringatan Hari Laut telah diperluas dan diperdalam.

Kebutuhan dan ruang lingkup untuk ini tercermin dalam berbagai keprihatinan yang diungkapkan pada tahun 2008 oleh Sekretaris Jenderal PBB.

Termasuk implementasi Konvensi PBB tentang Hukum Laut, ruang maritim, pelayaran internasional, keamanan maritim, ilmu dan teknologi kelautan, keanekaragaman hayati laut, lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan kerjasama regional dan internasional.

Kesadaran dan tindakan yang didorong oleh pengamatan Hari Laut Sedunia akan menjadi sangat penting di semua bidang ini.

Kemudian, PBB pertama kali memperingati Hari Laut Sedunia pada tahun 2009 dengan tema yang diusung yakni "Lautan Kita, Tanggung Jawab Kita".

(News/Latifah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat