androidvodic.com

Jokowi-Prabowo Upacara 17 Agustus di IKN, Maruf-Gibran di Jakarta, Megawati dan SBY Ikut Diundang - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan mengikuti upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia 17 Agustus mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti upacara di tempat terpisah, yakni di Jakarta.

"Sebagian di IKN, sebagian di sini. Pak Presiden yang memimpin (di IKN), Pak Wapres yang (memimpin di Jakarta)," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6). "Nanti Pak Wapres Terpilih akan mendampingi Wapres (Ma'ruf Amin), sedangkan Presiden Terpilih akan mendampingi Presiden," imbuhnya.

Muhadjir enggan menjelaskan alasan mengapa upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI ini digelar di dua tempat. Dia hanya memastikan pemerintah menyiapkan upacara di IKN dan Jakarta.

"Gitu saja kok tanya alasan?" kata Muhadjir.

Rencana upacara di dua tempat itu masih terus digodok. Muhadjir menjelaskan semua rangkaian digelar di dua tempat, termasuk apel kehormatan dan renungan suci. Acara itu digelar di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta dan IKN Memorial.

Namun, ia belum bisa memastikan siapa saja yang akan upacara di IKN dan siapa yang upacara di Jakarta.

Terkait pejabat yang akan ikut upacara di IKN, Muhadjir berkata kemungkinan mereka tidak akan menginap. Para pejabat akan tiba di IKN beberapa jam sebelum upacara.

"Ada kemungkinan Duta Besar juga nanti di IKN dan tidak menginap, jadi langsung upacara, langsung balik," ujar Muhadjir.

Termasuk yang diundang untuk ikut upacara di IKN adalah Presiden ke-5 dan Presiden ke-6 RI, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Iya diundang [presiden terdahulu], pada prinsipnya diundang ya tokoh-tokoh, terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," kata Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Baca juga: Bakal Ada Kirab Bendera Pusaka Dari Jakarta ke IKN Saat HUT RI

Hingga kemarin belum ada daftar lengkap pejabat yang upacara di IKN maupun Jakarta. Semua masih dikaji secara matang.

"Pak Presiden merekomendasi pokoknya harus jadi perhatian, tokoh-tokoh itu harus dapat perhatian. Soal nanti di sini atau di IKN nanti belakangan," ucap Muhadjid. I

a membantah anggapan rencana upacara di IKN dipaksakan. Menurutnya, pembangunan IKN sudah mencapai 90 persen dari target.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat