androidvodic.com

Jemaah Haji Mulai Bergerak ke Arafah Hari Ini, Diminta Siapkan Smart Card - News

News - Jemaah haji Indonesia mulai bergerak menuju Arafah hari ini, Jumat (14/6/2024) atau 8 Zulhijah 1445 H.

Diketahui, rangkaian haji 1445 H/2024 M akan memasuki puncaknya pada 15 Juni 2024 atau 9 Dzulhijjah.

Besok, Sabtu (15/6/2024), jemaah haji akan melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Adapun untuk keberangkatan jamaah dari tempat menginap ke Arafah dilakukan secara bergelombang.

Jemaah akan dimobilisasi ke Arafah menggunakan bus yang telah disiapkan.

Tim Media Center Haji Kementerian Agama (Kemenag), Widi Dwinanda, mengatakan petugas haji akan melakukan pemindaian kartu pintar sebelum jemaah naik bus.

Kartu pintar ini ditertibkan Pemerintah Arab Saudi dan menjadi tiket masuk kawasan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Kartu tersebut akan dipindai (scan) petugas sebelum naik bus. Karenanya, pastikan smart card dan identitas pribadi lainnya tersimpan dengan aman di tas khusus dan mudah diambil saat akan dilakukan pemindaian," kata Widi dalam keterangan pers, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (13/6/2024), dilansir sumbar.kemenag.go.id.

Lebih lanjut, Widi berpesan agar jemaaah menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa dan dibutuhkan selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Menurutnya, jemaah tidak perlu membawa koper besar atau tas kabin karena berpotensi menyulitkan pergerakan jemaah di Armuzna.

"Jemaah cukup membawa tas berisi pakaian ganti untuk 3 hari, kain ihram cadangan bagi laki-laki, handuk, peralatan mandi, dan perlengkapan pribadi lainnya. Pastikan membawa obat, vitamin yang dibutuhkan, alat pelindung diri berupa payung, masker, alat semprot air. Jangan membawa bantal atau selimut, kecuali bantal leher," ucapnya.

Baca juga: PPIH Mulai Timbang Koper Enam Kloter yang Pulang Perdana Usai Puncak Haji 

Sementara itu, Kepala Bidang Akomodasi, Zenal Muttaqin, mengimbau kepada jemaah laki-laki harus sudah mengenai pakaian ihram ketika berangkat ke Arafah.

"Saat berangkat menuju Arafah pada 14 Juni nanti, jemaah laki-laki harus sudah mengenakan pakaian ihram. Kalau diperlukan membawa pakaian ihram cadangan," katanya di Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah, Selasa (11/6/2023).

"Begitu juga dengan jemaah perempuan harus berniat haji dan memakai pakaian yang menutup auratnya sejak dari hotel. Ibu-ibu memakai pakaian yang menutup aurat," kata Zaenal.

Jemaah Haji Indonesia Ditempatkan di 1.169 Tenda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat