androidvodic.com

Nasaruddin Umar Pastikan Tak Ada Pembagian Daging Hewan Kurban Secara Langsung di Masjid Istiqlal - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Tidak akan ada pembagian daging secara langsung di kawasan Masjid Istiqlal setelah hewan kurban disembelih.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan nanti pihaknya yang akan proaktif membagikan daging hewan kurban ke masyarakat.

"Saya perlu jelaskan tidak ada pengantrean di sini. Istiqlal yang proaktif membagikan kepada mereka-mereka yang benar-benar dinilai berdasarkan penelitian yang sangat intensif, siapa sesungguhnya yang paling berhak untuk menerima hewan kurban itu dan berapa porsinya," kata Nasaruddin dalam jumpa pers di kawasan Masjid Istiqlal, Senin (17/6/2024),

Daging-daging hewan kurban itu bakal diberikan kepada perorangan dan juga kelompok, jamaah aktif yang berkontribusi di Istiqlal, asrama-asrama Tahfidz Alquran, serta panti asuhan kelompok binaan Masjid Istiqlal.

"Istiqlal tidak mendistribusikan ke masyarakat langsung, tapi ini kita mendistribusikan, kita yang proaktif mengantarkan dengan tiga model, ada yang diantarkan dagingnya ke lembaga-lembaga tertentu misalnya di panti asuhan, dipotongkan bahkan ditimbang-timbang di sini," ujar Nasaruddin.

Baca juga: Imam Besar Istiqlal Jamin Limbah Pemotongan Hewan Kurban Tak Mencemari Lingkungan

"Kemudian juga ada yang diserahkan hewan kurban ke asrama-asrama Tahfidz Quran, kemudian asrama-asrama pesantren, dan tahun lalu ada juga yang kita berikan dalam bentuk uang. Mereka lah di pondok itu yang menghadirkan hewan, biasanya lebih murah mereka dapatkan," sambungnya.

Sejauh ini pada Hari Raya Iduladha 1445 H, Masjid Istiqlal telah menerima total hewan kurban 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Hewan kurban ini nantinya bakal disembelih mulai Selasa (18/6/2024) besok.

Baca juga: Viral Sapi Kurban Prabowo Menangis saat Dibawa dari Peternakan di Magelang Menuju Masjid Istiqlal 

Pihak Masjid Istiqlal masih terus menerima hewan kurban jika masih ada yang hendak berkurban.

“Kemudian akan kita sampai besok pagi, karena hari ini kita masih menunggu kedatangan. Mungkin masih ada yang akan berkurban,” jelas Nasaruddin.

Sebagai informasi, pihak Masjid Istiqlal juga menerima hewan kurban dari Presiden-Wakil Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin hingga Presiden-Wakil Presiden RI Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri juga turut memberikan hewan kurban ke Masjid Istiqlal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat