androidvodic.com

Usai Salat Iduladha, Maruf Amin Serahkan Sapi Kurban Presiden-Wakil Presiden ke Istiqlal - News

News, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menyerahkan sapi kurban usai Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (17/6/2024). 

Sapi berjenis Limosin dengan bobot 1,164 Kilogram atau sekitar 1,1 ton diterima langsung secara simbolis oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. 

Ada dua ekor sapi yang diserahkan. Satu ekor lainnya adalah sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang penyerahan sekaligus diwakilkan oleh Maruf Amin

Proses penyerahan kurban ini, ujar Maruf Amin selain jadi tradisi setiap tahunnya juga merupakan sunah. 

“Menjadi tradisi setiap tahun, presiden, wakil presiden memberikan korban di beberapa tempat dan utamanya di Masjid Istiqlal,” jelasnya. 

“Dan ini merupakan sunahnya Nabi Ibrahim. Supaya setiap tahun kita mengeluarkan dana untuk membeli kurban untuk kepentingan memberikan untuk kepada orang fakir dan miskin,” ia menambahkan. 

Dalam kesempatan yang sama, Nasaruddin Umar mengatakan total 50 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang pihaknya terima. 

Keseluruhan jumlah itu sudah termasuk kurban yang diberikan oleh banyak tokoh seperti Presiden Terpilih, Prabowo Subianto hingga Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri . 

Baca juga: Jadi Khotib Iduladha 2024 di Masjid Al Markaz Makassar, Mahfud: Buang Sifat Hewani Seperti Koruptif

Selain itu ada pula kurban yang diberikan oleh kelompok-kelompok non-muslim. 

“Jumlah sapinya adalah 50 ekor sapi. Tentu yang kita saksikan adalah dari bapak Presiden kemudian Wapres. Ada juga prabowo, Pak Gibran, Bu Mega,” ujarnya.

“Kemudian juga, ya menarik ya, kawan-kawan juga memberikan sedekah dari kawan-kawan non-muslim juga memberikan hadiah, menambah distribusi daging kurban kita, 22 ekor dari sahabat,” ia menambahkan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat