androidvodic.com

Kasdi Eks Sekjen Kementan: SYL Beri Uang Rp 800 Juta ke Firli soal Penyelidikan Kasus Pengadaan Sapi - News

News - Eks Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan), Kasdi Subagyono menyebut adanya pemberian uang Rp 800 juta terhadap mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri.

Kasdi mengungkapkan uang itu diberikan langsung oleh eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo terkait penyelidikan kasus pengadaan sapi di Kementan.

Adapun hal ini disampaikan Kasdi saat hadir sebagai saksi mahkota dalam sidang lanjutan perkara gratifikasi dan pemerasan di Kementan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Awalnya, ketua majelis hakim, Rianto Adam Pontoh bertanya ke Kasdi terkait pengetahuanya atas hubungan antara SYL dan Firli.

Lalu, dia mengetahui adanya pertemuan antara SYL dan Firli ketika di sebuah lapangan badminton.

Adapun, hal itu diketahuinya dari mantan ajudan SYL, Panji Hartanto serta pemberitaan di media.

"Apakah saudara tahu ada hubungan antara Menteri Pertanian dengan Pak Firli Bahuri sebagai pimpinan itu ada?" tanya hakim.

"Ada, saya tahu waktu itu selain dari berita, saya juga diberitahu oleh Panji karena Panji sering mendampingi Pak Menteri, bertemu dan di...," jawab Kasdi.

"Sering ketemu?" tanya hakim.

"Saya tidak mengatakan sering, tapi yang saya ingin sampaikan adalah ada momen yang di foto di lapangan badminton, itu saja yang saya tahu," jawab Kasdi.

Baca juga: Bukan Bahas Kasus, Komisioner KPK Alexander Marwata Disebut Pernah Minta Bantuan SYL Bikin Program

Lalu, hakim mencecar Kasdi lagi apakah pernah bertanya kepada Panji terkait tujuan SYL bertemu dengan Firli.

Kemudian, Kasdi tidak menjelaskan secara gamblang, namun dia mengatakan bahwa SYL pernah mengumpulkan pejabat eselon I terkait adanya penyelidikan kasus pengadaan sapi di Kementan.

"Apakah Saudara pernah ndak menanyakan kepada ajudannya, waktu itu saksi Panji, untuk apa Pak Menteri ketemu dengan Ketua KPK (Firli Bahuri) di lapangan badminton yang di berita itu?" tanya hakim.

"Mohon izin Yang Mulia, pada saat itu memang Pak Menteri sendiri pernah sampaikan kepada seluruh jajaran eselon I bahwa ada permasalahan yang berkait dengan pengadaan sapi di Kementan yang bermasalah yang sedang dilidik oleh KPK," jawab Kasdi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat