androidvodic.com

Eks Mentan SYL Akui Beri Perintah Pinjam Mobil Kantor untuk Anaknya Indira Chunda Thita - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui sempat memberi perintah kepada ajudannya untuk meminjamkan mobil kantor bagi anaknya, Indira Chunda Thita.

Hal itu disampaikannya saat menjadi saksi mahkota kasus korupsi di lingkungan Kementan.

SYL dalam persidangan Senin (24/6/2024) di Pengadilan Tipikor Jakarta duduk sebagai saksi mahkota bagi dua terdakwa yang merupakan anak buahnya: eks Direktur Alat dan Mesin Kementan, Muhammad Hatta dan eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono.

"Saya minta disiapkan mobil. Kan di kantor masih banyak mobil, Yang Mulia. Cuma jangan pakai plat dinas, atau pinjam dari mana untuk Thita, karena ini kegiatan insidental saja," ujar SYL.

Permintaan demikian disampaikan SYL lantaran Thita kerap memakai mobil pengawal di Rumah Dinas Mentan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta.

"Selama ini kan dia (Thita) pakai mobil pengawal yang ada di rumdin Widcan itu, mobil backup saya dipakai ke sana," katanya.

Selain itu, anaknya juga menurut SYL sering menggunakan mobil dinas untuk keperluan Garnita, organisasi sayap Partai Nasdem yang diketuai Thita.

"Saya minta kepada Panji bahwa kasih mobil Thita agar jangan pakai mobil dinas. Karena kadang-kadang dipakai oleh Garnita," ujar SYL.

Namun ternyata perintah SYL itu disalah artikan oleh ajudannya, Panji Hartanto.

Bukannya meminjam, Panji justru membeli mobil baru, Innova Venturer untuk Thita.

Mobil tersebut pun dari hasil penelusuran KPK dibeli menggunakan uang sharing pejabat Eselon I Kementan.

Tapi SYL mengaku tak mengetahui asal-muasal uang untuk membeli satu unit Mobil Innova Venturer tersebut.

"Apakah saudara mengetahui bahwa saudara Thita anak saudara yang pertama itu ada menerima Mobil Innova Venturer?" tanya Hakim Ketua, Rianto Adam Pontoh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat