androidvodic.com

Sosok Robert Hutauruk, Dokter yang Pimpin Tim Operasi Cedera Kaki Prabowo, Eks Jenderal Kopassus - News

News, JAKARTA - Di balik keberhasilan operasi cedera kaki Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ternyata ada sosok mantan jenderal Kopassus yakni Brigjen TNI (Purn) Dr. dr. Robert M. Hutauruk, Sp.OT, M.M. FICS.

Robert adalah dokter yang memimpin tim dokter yang melakukan operasi terhadap cedera kaki yang diderita Prabowo.

Dalam foto yang diterima, tampak Robert mengenakan baret merah khas Kopassus bersalaman dengan Prabowo di antara beberapa perwira Kopassus lainnya dalam sebuah acara.

Ia merupakan dokter spesialis orthopedi yang fokus untuk mendiagnosis dan menangani masalah pada tulang, sendi, tendon, otot, dan saraf akibat cedera atau hal lainnya.

Robert juga merupakan purnawirawan Angkatan Darat dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI.

Sebelumnya, ia bertugas di Kopassus pertama kali pada tahun 1985.

Robert juga telah bertugas di beberapa rumah sakit sebagai Dokter Spesialis dan Traumatologi di RS Pondok Indah, sebagai Dokter Spesialis Bedah di RS Dustira, serta berpraktek di RS Gatot Soebroto Jakarta.

"Peran Dr. dr. Robert adalah sebagai dokter pelaksana operasi pertama untuk cedera kaki Prabowo," kata keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan yang terkonfirmasi pada Senin (1/7/2024).

Di samping itu, ada pula Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) untuk Prabowo.

Sosok tersebut adalah dr. Sunaryo Kusumo, MKes,SpOT(K).

"Ia saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Rehabilitasi Medik Pusat Rehabilitasi Kemhan. dr. Sunaryo merupakan lulusan Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Universitas Airlangga," kata keterangan tersebut.

Usai sukses menjalani operasi, Prabowo mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerja keras tim medis yang dipimpin Robert.

Operasi itu dilakukan satu minggu lalu di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"RS tersebut adalah RS yang baru diresmikan pada Februari lalu oleh Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo. RS itu berada di bawah binaan Kementerian Pertahanan, yang direnovasi dan ditambah perlengkapannya oleh Prabowo bersama dengan 25 RS milik TNI lainnya," kata keterangan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat