androidvodic.com

13 Radar Buatan PT Len & Thales Mulai Diproduksi, 5 di Antaranya Ditargetkan Dipasang di IKN - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Direktur Utama PT Len Industri Bobby Rasyidin mengatakan proses pengadaan 13 radar Ground Controlled Interception (GCI) GM-403 kerja sama PT Len Industri dengan perusahaan asal Prancis Thales sudah mencapai sekira 80 persen.

Saat ini, 13 radar GCI tersebut telah mulai diproduksi.

Ia menjelaskan dalam produksi 13 radar GCI tersebut, PT Len memproduksi komponen utama radar di dalam negeri meski sebagian besar komponennya masih diproduksi di Prancis.

Bobby berharap tahun ini, sekira 4 sampai 5 unit dari 13 radar tersebut dapat rampung dan dipasang tahun ini khususnya untuk menjangkau wilayah udara di Ibu Kota Negara Nusantara.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers di Plataran Senayan Jakarta, Senin (1/7/2024).

"Kita harapkan dalam tahun ini, kita sudah bisa install sekitar 4 sampai 5 site (titik penempatan) radar terutama yang mengcover IKN tadi ya," kata Bobby.

"Seperti yang saya sampaikan. Jadi wilayah udara IKN itu kita akan cover dulu. Sehingga threat (ancaman) yang ada di udara, yang datang dari udara itu bisa kita lakukan identifikasi," sambung dia.

Bobby mengatakan, operasi 13 radar tersebut nantinya akan terhubung dengan 12 radar Retia dari Ceko yang saat ini juga tengah dalam proses pengadaan.

Ia berharap total 25 radar tersebut nantinya dapat menjangkau seluruh wilayah udara di Indonesia.

"Tentunya 13 radar ini akan ber-interoperability dengan 12 radarnya Ceko, dengan (buatan) Retia. Sehingga ini bisa mengcover seluruh wilayah udara Indonesia yang panjangnya itu sekitar 6 ribu km yang lebarnya itu sekitar 2.500 km. Itu nanti akan dicover (dijangkau) radar GCI," kata dia.

Selain itu, kata dia, PT Len juga telah menjalin kontrak dengan Kementerian Pertahanan untuk pengadaan satelit observasi.

Proses pengadaan satelit observasi tersebut, juga cukup siginfikan.

Rencananya, satelit tersebut akan dilhuncurkan dua sampai tiga tahun mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat