androidvodic.com

Menko Polhukam Harap Gerakan Indonesia Tertib Jadi Pelopor Pembangunan Karakter Masyarakat - News

Menko Polhukam Harap Gerakan Indonesia Tertib Jadi Pelopor Pembangunan Karakter Masyarakat

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto berharap Gerakan Indonesia Tertib (GIT) dapat menjadi pelopor pembangunan karakter masyarakat yang tertib.

Ia mengatakan GIT adalah salah satu gerakan dalam program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang menjadi implementasi dari Prioritas Nasional (PN) Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Forum acara Rembuk Gerakan Indonesia Tertib, dengan Tema “Budaya Tertib Menuju Indonesia Emas” di Bali pada Rabu (3/7/2024).

"Melalui forum ini kita berharap, Para Peserta yang hadir mendapatkan bekal untuk menjadi pioneer pembangunan karakter masyarakat yang tertib," kata dia dalam keterangan resmi Humas Kemenko Polhukam pada Rabu (2/7/2024).

Hadi menjelaskan GIT dilaksanakan untuk mengubah perilaku masyarakat Indonesia agar menjadi lebih tertib dengan mematuhi peraturan yang berlaku.

Forum acara Rembuk Gerakan Indonesia Tertib, dengan Tema “Budaya Tertib Menuju Indonesia Emas” tersebut juga dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

"Pembangunan sumber daya manusia ini adalah urat nadi pembangunan bangsa. Negara kita akan dihadapkan dengan bonus demografi pada 2045 dan telah ditindaklanjuti dengan Visi Indonesia Emas," kata dia.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas GIT Tahun 2024 Brigjen TNI M Sujono mengatakan Rembuk merupakan proses musyawarah yang mengedepankan suasana yang penuh kebersamaan dan gotong royong.

Forum itu, kata dia, mencerminkan nilai-nilai demokratis dan partisipatif untuk mewujudkan budaya tertib. 

GIT, kata dia, difokuskan pada tiga  hal yaitu peningkatan perilaku tertib dalam penggunaan ruang publik, tertib berlalu lintas dan tertib administrasi kependudukan. 

“Program Gerakan Indonesia Tertib dimaksudkan untuk mengejawantahkan nilai strategis instrumental revolusi mental yaitu gotong royong," kata Sujono

"Rembuk Gerakan Indonesia Tertib ini dilaksanakan dengan maksud meningkatkan kesadaran berbudaya tertib dengan membentuk agen-agen perubahan Gerakan Indonesia Tertib," sambung dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat