androidvodic.com

Profil Belva Devara, CEO Startup Edtech Ruangguru yang Dihantam Badai PHK - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
News, JAKARTA - Startup Edtech PT Ruang Raya atau Ruangguru mengumumkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya hari ini, Jumat (18/11/2022).

Keputusan itu dilakukan karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis. Namun, startup ini memastikan tenaga kerja yang terdampak pemangkasan akan mendapat uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak jika masih ada sisa cuti.

Melansir dari News, Ruangguru menawarkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlanggan, serta konten-konten pendidikan lainnya.

Baca juga: Profil Ruangguru, Startup Edtech Indonesia yang PHK Ratusan Karyawannya

Startup ini didirikan oleh Belva Devara pada 2014 bersama rekannya Iman Usman yang diplot sebagai chief product & partnership officer. Di bawah ini profil pendiri sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara yang pernah menjadi staf khusus Presiden Joko Widodo:

1. Lulusan Universitas Harvard dan Stanford

Pria bernama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini lahir pada 30 Mei 1990 di Jakarta.

Pada 2007, Belva bersama tujuh siswa Indonesia lainnya terpilih mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapura untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Teknologi Nanyang yang menjadi salah satu institut teknik terbaik di Asia.

Pada 2013, dia melanjutkan pendidikan pascasarjana dan menjadi orang Indonesia pertama yang diterima di program gelar ganda di Universitas Harvard (jurusan Master of Public Administration) dan Universitas Stanford (jurusan Master of Business Administration).

2. Masuk ke Daftar 30 Pengusaha Muda Paling Berpengaruh di Asia

Anak sulung dari pasangan Tri Harsono dan Murni Hercahyani ini berhasil terpilih menjadi salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia versi majalah Forbes pada 2017.

Setelah lulus dari program gelar ganda di Amerika Serikat, pada 2016 Belva memutuskan kembali ke Tanah Air dan menjabat sebagai Direktur Utama di Ruangguru.

Di bawah kepemimpinannya, dalam waktu satu tahun Ruangguru berkembang pesat lima kali lipat dan menjadi perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta siswa dan 150.000 guru.

Baca juga: Usai GoTo, Kini Ruangguru Lakukan PHK Ratusan Pegawai Hari Ini

3. Menjabat Sebagai Staf Khusus Presiden 

Belva diundang Presiden Joko Widodo pada 2019 dan mendapat kesempatan menjadi Staf Khusus Presiden di Bidang Inovasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat