androidvodic.com

Profil Ruangguru, Startup Edtech Indonesia yang PHK Ratusan Karyawannya - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, JAKARTA – Startup Edtech Ruangguru pada Jumat (18/11/2022) mengumumkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya.

PT Ruang Raya Indonesia atau yang dikenal dengan Ruangguru merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pendidikan nonformal berbasis online.

Startup yang didirikan oleh Belva Devara ini mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Baca juga: Usai GoTo, Kini Ruangguru Lakukan PHK Ratusan Pegawai Hari Ini

Belva mulai merintis Ruangguru pada 2014 bersama rekannya Iman Usman yang diplot sebagai chief product & partnership officer.

Hingga saat ini Ruangguru telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Baca juga: Support Pelajar Hadapi UTBK, Ruangguru Rancang Program Holistik #PelatnasUTBK

Pendapatan Ruangguru

Berdasarkan laporan keuangan, Ruangguru membukukan pendapatan sebesar 63 juta dolar AS sepanjang 2020 dan berhasil mencetak laba operasional sebesar 1,8 juta dolar AS.

Ruangguru juga selangkah lagi mendapatkan titel unicorn. Valuasi startup itu telah melampaui 800 juta dolar AS dan agar sukses menyandang status unicorn dibutuhkan sekitar 200 juta dolar AS lagi.

Selain itu, Crunchbase melaporkan pendanaan terakhir Ruangguru sebesar 55 juta dolar AS.

Baca juga: PHK 1.300 Karyawan, Ini Daftar Investor di Raksasa Teknologi Indonesia GoTo

Investor Ruangguru

Beberapa investor yang terlibat adalah Tiger Global Management, CGV Capital, dan anak usaha grup Lippo yaitu PT Multipolar Tbk.

PT Multipolar Tbk melalui anak usahanya PT Nusa Jaya Cipta telah berinvestasi di Ruangguru senilai Rp 21 miliar dan memiliki porsi saham di platform digital tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat