androidvodic.com

Elon Musk: Pabrik Baterai Terbesar di Dunia Akan Dibangun Tesla di Dekat Berlin - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BERLIN - CEO Tesla Elon Musk saat ini menempati posisi sebagai orang terkaya kedua di dunia, ia pun berencana memperluas proyek konstruksi yang sudah aktif di dekat kota Berlin, Jerman.

Elon Musk mengumumkan hal itu dalam agenda European Battery Conference pada hari Selasa lalu.

Dikutip dari Sputnik News, Jumat (27/11/2020), ia cukup yakin 'Tesla Gigafactory Berlin-Brandenburg' akan menjelma sebagai pabrik sel baterai terbesar di dunia, mengalahkan pabrik baterai lainnya.

Selama berlangsungnya konferensi yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi Jerman, Musk pun mengklaim 'masuk akal' jika menghadirkan Tesla versi hatchback dengan ukuran yang lebih kecil untuk dipasarkan ke pasar Eropa.

Baca juga: Ridwan Kamil Ngarep, Tesla Juga Inves di Jawa Barat Seperti Hyundai dan Toyota

"Di Amerika Serikat (AS), mobil cenderung lebih besar, saya mengendarai Model X di sekitar Berlin dan kami mengalami cukup banyak kesulitan menemukan tempat parkir yang bisa muat," kata Musk.

Baca juga: Bukan Hanya Tesla, VW Dikabarkan Susul Hyundai Bangun Pabrik di Indonesia, Kemenperin Sambut Positif

Terkait rencana pembangunan pabrik baterai, Musk menekankan bahwa penduduk setempat tidak akan mengalami polusi udara akibat racun dari produksi baterai di pabriknya nanti.

Di sisi lain, tampaknya proyek konstruksi Tesla menimbulkan rasa frustrasi bagi penduduk setempat.

"Kami di sini, kami terganggu suara berisik, Tesla juga mencuri air kami," kata pengunjuk rasa pada Januari lalu.

Protes itu muncul menyusul peringatan dari Asosiasi Air Brandenburg mengenai masalah serius dan ekstensif yang terjadi pada pasokan air minum dan pembuangan air limbah di wilayah tersebut dari proyek pembangunan Tesla Gigafactory Berlin-Brandenburg.

Kelompok lingkungan Gruene Liga Brandenburg (Liga Hijau Brandenburg) kemudian membawa Tesla ke pengadilan setelah Kementerian Lingkungan Jerman memberikan izin kepada perusahaan itu untuk melanjutkan penebangan pohon.

Namun, Pengadilan Tinggi Administratif Berlin-Brandenburg pada akhirnya memutuskan bahwa Tesla dapat melanjutkan persiapan proyek itu dengan risikonya sendiri.

Hingga saat ini, sekitar 92 hektar pohon telah ditebang di negara bagian tersebut dan 100 hektar diprediksi akan ditebang selama proses konstruksi.

Saat ini kekayaan Musk melampaui pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai 127,9 miliar, dolar AS.

Sedangkan kekayaan bersih Gates adalah 127,7 miliar dolar AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat