androidvodic.com

Boleh Mudik Lebaran Tahun Ini Jadi Berkah Buat Penjualan Sasis Bus Hino - News

News, JAKARTA - Keputusan Pemerintah mengizinkan masyarakat melakukan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman di Idul Fitri tahun 2022 seiring melandainya kasus Covid-19 menjadi angin segar bagi penjualan bus Hino.

"Kebijakan boleh mudik tahun ini menjadi angin segar bagi Hino, terutama ke sektor bus karena bisa kembali bangkit, dan itu bagus bagi (penjualan bus) kita. Sudah dua tahun kita tiarap nggak mudik," ungkap Chief Operating Officer PT Hino Motors Sales (HMSI) Santiko Wardoyo menjawab pertanyaan wartawan di sela acara buka puasa bersama di kantornya, Rabu (13/4/2022).

Santiko mengatakan, kebijakan boleh mudik di Idul Fitri tahun ini secara umum akan memberi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi, terutama belanja masyarakat.

"Ekonomi kita juga akan tumbuh, itu terbukti," ujarnya.

Diakuinya, kebijakan boleh mudik tahun ini belum akan berdampak langsung pada penjualan bus baru Hino. Namun hal itu akan mendorong gairah pengusaha transportasi bus dan pariwisata setelah dua tahun ini didera pandemi.

Efeknya, ke depan, permintaan armada bus baru kembali menggeliat.  

Baca juga: Pakai Bus Hino R260 Karoseri Aluminium, Konsumsi BBM Lebih Irit, Bodi Awet 10 Tahun

"Untuk bus memang belum kelihatan untuk belanja bus baru. Tapi dengan kondisi pandemi yang terus menurun dan dibolehkan mudik, saya lihat ke depannya akan bagus," ungkap Santiko.

Hino saat ini menguasai pasar penjualan bus besar dengan panjang bodi 12 meter di Indonesia. Pelanggan terbesarnya adalah pengusaha transportasi bus antar kota dan bus pariwisata.

Baca juga: Begini Cara Kerja Teknologi Air Suspension di Bus Hino R260 AS

Produk larisnya adalah Hino R260, bus bermesin belakang yang banyak diserap pengusaha bus AKAP dan pariwisata dan Hino A215, bus bermesin depan yang banyak diserap oleh pengusaha bus bumel.

Produk bus lainnya yang mulai diserap cukup kuat oleh pasar adalah Hino RN285, bus bermesin belakang dengan tenaga 285 horse power dengan suspensi udara serta Hino R260 AS, bus bermesin belakang dengan suspensi udara bertenaga 260 horse power.  

Diskon Suku Cadang

Sementara itu, menyambut musim arus mudik Lebaran tahun ini, HMSI menyiapkan program layanan darurat di akhir pekan dan menyiapkan penawaran menarik bagi para pengusaha otobus (PO).

Programnya berupa part campaign special bus, melalui pemberian diskon suku cadang hingga 50 persen yang mencakup 109 item suku cadang bus Hino.

Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI mengatakan, pihaknya juga memberikan harga spesial yang jauh lebih murah baik untuk perawatan bus maupun truk Hino untuk paket service campaign seperti ganti oli mesin gratis filter, servis berkala kelipatan 60K, battery/aki, repair kopling diskon jasa 50 persen dan pergantian grease wheel hub.

Program serupa juga berlaku untuk retrofit Hino Connect telematics, strainer untuk umur filter lebih panjang, common rail injector hanya 3 jutaan dan masih banyak lagi.

Karena itu pihaknya mengajak para pemilik armada Hino memanfaatkan program aftersales terbaru ini di jaringan dealer terdekat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat