androidvodic.com

Motor Matik Banyak Terlibat Kecelakaan, AHM Minta Pengguna Kenali Karakter Motor dan Pahami Medan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan, sepeda motor matik atau juga dikenal sebagai skutik memiliki potensi mengalami kecelakaan tinggi, terutama jika digunakan melintas di jalanan dengan turunan curam.

Menanggapi hal itu General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbudin, menyatakan potensi kecelakaan bisa terjadi pada semua jenis kendaraan.

"Setiap pengendara disarankan mengenali karakter sepeda motor yang dikendarai, mengetahui kondisi rute yang akan dilalui, serta menguasai teknik berkendara yang aman untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya," tutur Muhib saat dihubungi Tribunnews, Jumat (17/6/2022).

Menurut dia, pengendara wajib memeriksa kondisi kendaraan, mulai dari bagian rem, ban dan tak ketinggalan kecukupan bahan bakar. Saat akan melewati jalanan curam, pemotor juga diminta mengenali karakter medannya.

"Jika akan menempuh perjalanan dengan jalanan curam, kenali rute yang akan dilalui, kurangi kecepatan dan pertahankan dengan teknik pengereman yang tepat dan disarankan berhenti sejenak di tepi jalan yang aman jika melewati jalanan curam yang cukup panjang," jelasnya.

Pihaknya juga merekomendasikan ke pemotor jika membawa beban berlebihan ketika berkendara, karena berpengaruh pada saat menanjak maupun menurun.

"Sebaiknya berhenti sejenak, bila dirasa performa pengereman menurun, untuk dilakukan pemeriksaan dan antisipasi," imbuh Muhib.

Baca juga: MTI: Motor Matik Berpotensi Picu Kecelakaan di Turunan Curam

AHM sendiri berperan aktif dalam memberikan edukasi cara berkendara yang aman kepada para konsumen dan masyarakat untuk menciptakan budaya berlalu lintas yang baik.

"AHM bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia secara berkala melakukan edukasi keselamatan berkendara dan teknik berkendara yang tepat kepada masyarakat melalui berbagai cara," ujarnya.

Baca juga: Begini Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Ngacir dan Awet

Pihaknya juga menyelenggarakan beragam pelatihan safety riding bersama stakeholder, seperti kepolisian, komunitas motor, karyawan perusahaan, mahasiswa dan anak sekolah.
 

95 Persen Kecelakaan Libatkan Motor Matik

Sebelumnya, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) Pusat Djoko Setijowarno mengungkapkan adanya potensi kecelakaan bagi pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis atau skutik (matik) yang melintasi jalur turunan curam.

Djoko menerangkan, turunan curam terdapat di sejumlah wilayah Pulau Jawa. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan survei peningkatan keselamatan pengguna jalan dan pencegahan kecelakaan pada ruas jalan Bandungsari – Salem (Gunung Lio), Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat