androidvodic.com

IMOS 2022 Resmi Dibuka di JCC Senayan, Titik Balik Kebangkitan Industri Kendaraan Roda Dua - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Pameran khusus kendaraan roda dua Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 resmi dibuka pada Rabu (2/11/2022).

Event ini akan berlangsung mulai 2-6 November 2022 di JCC Senayan, Jakarta.

Ketua Umum Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman, mengatakan dengan berkurangnya kasus Covid-19, pihaknya optimistis pameran ini menjadi titik balik pertumbuhan industri sepeda motor, sekaligus jadi tonggak lahir dan tumbuhnya tren baru industri ini di Tanah Air.

"Untuk itu, kami berterima kasih kepada pemerintah Indonesia khususnya Menteri Perhubungan dan seluruh jajaran industrian. Industri sepeda motor di Indonesia saat ini memiliki peran yang sangat penting, karena karekter sepeda motor yang praktis dan mudah dikendarai menjadikan alat transportasi yang disukai masyarakat," tutur Loman saat pembukaan IMOS 2022.

Baca juga: Menperin: Kuartal Ketiga 2022 Pasar Kendaraan Roda Dua Tumbuh 4,15 Persen

Loman menyebut, tantangan industri otomotif roda dua saat ini ialah menyajikan teknologi terkini yang aman dan nyaman lingkungan, sehingga pelaku industri sepeda motor dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi negara.

"Setelah sempat terkoreksi 43,5 persen dengan penjualan 3,6 juta unit pada 2020 akibat Covid-19. Pasar motor nasional mampu tumbuh 38,5 persen menjadi 5 juta unit 2021. Kami berusaha menjaga pertumbuhan ini meskipun sempat terkendala dengan rangka pasokan semikonduktor di pertengahan tahun ini," jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meyampaikan kebanggaannya dengan digelarnya IMOS 2022 usai vakum 2 tahun.

"Bahagia saya melihat pameran tadi. Cukup membanggakan bahwa di masa kita recovery, di masa kita optimis, pak presiden menginginkan adanya satu pertumbuhan yang konsisten minimal lima persen itu sebagian terjawab dari apa yang kita lakukan pagi ini. Kita selalu bicara dua hal untuk pertumbuhan itu adalah bagaimana kita melakukan investasi dan ekspor, dua-duanya pada sektor otomotif ini terjadi," ungkap Budi.

Budi menambahkan, produksi roda dua sebanyak 5,4 juta dalam 1 tahun menghasilkan uang lebih dari Rp 100 triliun dalam industri.

"Ini belum termasuk suku cadangnya, membayar pajak, belum lagi bisa memberikan kesempatan kerja pada 2 juta orang itu satu yang mulia. Terus dipertahankan dengan pertumbuhan tahun lalu 34 persen tahun ini stagnan sedikit," ucap Menhub.

Bagi Tribunners yang ingin berkunjung ke IMOS 2022, tiket dapat dibeli melalui aplikasi Auto360. Harga tiket masuk weekdays (Rabu-Kamis) dibanderol Rp 20.000 dan weekend (Jumat-Minggu) Rp 30.000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat