androidvodic.com

Ragam Manfaat Boks untuk Bagasi Tambahan Pada Motor - News

News, JAKARTA - Fakta membuktikan, tidak semua motor terutama jenis bebek dan matik, dilengkapi dengan kapasitas bagasi di bawah jok yang luas atau volumenya memadai oleh pabrikan sepeda motor.

Ada motor matik model relatif baru dan masih dipasarkan, volume bagasi bawah joknya hanya cukup untuk menyimpan satu buah jas hujan. Itu pun harus berbagi ruang untuk dudukan aki motor.

Hal itu membuat kebutuhan bagasi tambahan yang dipasang pada sadel atau sisi samping motor menjadi tinggi saat ini.

Joseph Perucca, Oversee Operational Director Givi menjelaskan, bagasi tambahan atau boks motor berguna untuk berbagai kondisi bagi sang pemilik motor.

Misalnya untuk menyimpan dokumen penting agar tidak rusak atau terpapar air saat hujan, maupun untuk menyimpan pakaian dan perlengkapan pribadi, bahkan helm saat sedang perjalanan jauh atau touring.

"Boks motor bermanfaat untuk menyimpan barang bawaan dengan aman, tanpa khawatir terkena debu atau cipratan air saat berkendara di cuaca hujan," kata Joseph Perucca di hari terakhir pameran otomotif IMOS 2022 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, 6 November 2022.

Joseph menekankan, kehadiran boks motor menjadi penting terutama untuk sepeda motor yang tidak memiliki kapasitas bagasi memadai, misalnya pada motor tipe sport dan motor bebek tipe tertentu.

Baca juga: Liburan ke Bali, Aleix Espargaro Nikmati Pantai Seminyak hingga Naik Motor Pakai Jas Hujan

Joseph Perucca juga mengingatkan, memasang boks tambahan pada motor juga lebih safety karena untuk barang bawaan tertentu bisa terhindar dari risiko terpapar panas mesin motor. 

Dia menyebutkan, menyimpan barang pribadi tertentu di bagasi di bawah jok mesin berisiko terpapar panas mesin saat motor dijalankan. Hal itu terutama terjadi pada motor matik lantaran posisi bagasi yang dekat dengan mesin motor.

Andi Firmansyah, PIC Givista, komunitas pengguna boks Givi mengatakan, dirinya menggunakan boks sebagai bagasi tambahan untuk kebutuhan harian saat berkendara motor.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Jas Hujan, Jangan Terlalu Lama Dilipat dan Ditaruh di Bagasi Motor

"Yang paling penting boks tersebut untuk menaruh jas hujan, helm, juga bawa dokumen, kalau hujan kan aman," ujarnya.

Boks Bagasi Motor untuk Cegah Cedera Serius

Dia menambahkan, kehadiran boks tambahan di motor sebenarnya juga membantu menahan dan melindungi bodi motor dan juga pengemudi saat kita jatuh ketika mengemudi.

Dia menjelaskan, boks motor ikut menyerap energi benturan keras yang terjadi saat pengendara motor terjatuh bersama motornya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat