androidvodic.com

Grand Vitara Jadi Magnet Kuat Pengunjung Sambangi Booth Suzuki Indonesia di IIMS 2023 - News

News, JAKARTA - Kehadiran model terbaru kendaran sport utility vehicle atau SUV Suzuki Grand Vitara menjadi magnet kuat pengunjung datang ke booth Suzuki di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Keputusan Suzuki untuk tidak langsung mengumumkan harga jual SUV lima penumpang dengan berlimpah fitur ini justru membuat penasaran pengunjung. 

"Saya sebenarnya pengen tahu berapa harga SUV ini, tapi rupanya masih belum diungkap di pameran IIMS kali ini," ujar seorang pengunjung dari Tangerang Selatan di lokasi pameran, Rabu lalu.

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research & IT Network PT Suzuki Indomobil Sales di acara diskusi dengan sejumlah awak media di sela IIMS 2023, Rabu 22 Februari 2023 lalu mengisyaratkan, Suzuki akan mengumumkan harga Grand Vitara pada pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang akan dibuka pada 10 Maret 2023 di JCC Senayan, Jakarta.

Namun selama pameran otomotif IIMS 2023 kali ini pihaknya sudah menerima pemesanan pembelian unit atau pre-booking Grand Vitara dengan uang tanda jadi Rp 10 juta.

"Inquiry-nya yang kami terima banyak banget yang masuk. Kita berikan kesempatan [untuk melakukan pemesanan] dengan tanda jadi Rp 10 juta," ujar Harold.

"Grand Vitara ini kan terakhir di 2014-2015. Kita masih percaya dengan brand image yang selama ini baik, konsumen akan bersedia menunggu [sampai saat peluncuran resminya]," imbuhnya.

"Selama pameran, respon konsumen yang kami terima secara kualitatif sangat ramai. Tingkat kunjungan orang yang masuk ke booth Suzuki sampai hari ini 3 kali lipat dari IIMS tahun lalu, dan Grand Vitara ini menunjukkan diri jadi magnet booth Suzuki," lanjut Harold Donnel.

Kehadiran Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023 sebenarnya menegaskan respon Suzuki atas tren selera berkendara masyarakat yang kini mulai shifting dari model low MPV ke model SUV.

Hal itu ditandai dengan terus meningkatnya market share kendaraan SUV selama beberapa tahun terakhir berdasarkan data Gaikindo.

Suzuki sendiri, dalam lima tahun ke depan akan merilis sekitar lima model SUV baru untuk pasar Indonesia dan model Grand Vitara ini adalah salah satunya.

"Perkembangan pasar SUV sangat luar biasa sekali lima tahun ini. Lima tahun lalu 16 persen sebagai kontibutor penjualan, sekarang sudah 20 persen bahkan di atasnya. Model low MPV yang dulu di atas sekarang hanya 16 persen," ungkap Harold.

Baca juga: Soal Harga Grand Vitara, Suzuki Tak Gentar 2 Pabrikan Pasang Banderol Miring untuk SUV Anyarnya

Nama Suzuki Grand Vitara sendiri mengingatkan kita pada sosok SUV Suzuki Vitara yang pernah diluncurkan oleh Suzuki Indonesia di tahun 1990 yang kemudian disusul dengan peluncuran SUV Suzuki lainnya.

Suzuki Grand Vitara hitam di IIMS
Suzuki baru akan mengumumkan harga resmi Grand Vitara pada pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang akan dibuka pada 10 Maret 2023 di JCC Senayan, Jakarta.

Kendaraan SUV sebenarnya sudah sejak lama digarap oleh Suzuki untuk pasar otomotif nasional. Di tahun 1970, Suzuki pertama kali merilis SUV.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat